Ucen, Sahabat Pendaki Gunung

Beberetan atau Rubus rosifolius, dikenal dengan nama lokal beberetean (Sunda), kecalingan (Jawa), dan jalanggara (Maluku). Buah dimakan, dapat dimakan mentah atau ditambahkan ke dalam salad, juga cocok untuk dibuat selai. Tertarikah kamu menanam ucen atau raspberry?

Genus Rubus mengandung lebih dari 740 spesies sebagai semak abadi, berkayu, dan berkayu dengan tanaman merambat panjang (“semak berduri”) ditutupi oleh duri. Rubus juga termasuk mawar dan beragam buah utama lainnya, termasuk stroberi, apel, pir dan buah persik.

Rubus rosifolius adalah tumbuh tegak, kadang-kadang sedikit-memanjat. Semak tumbuh hingga 3 meter. Batang sering bebas dari duri, meskipun mereka kadang-kadang memiliki beberapa duri lurus sampai panjang 6 mm.  Buah dapat dimakan dikumpulkan dari alam untuk konsumsi lokal. Mereka kadang-kadang dijual di pasar lokal.

Biasanya berupa semak dengan mengikuti kelenjar-berbulu batang 2 m panjang. Daun menyirip dengan 5 atau 7 leaflet. Leaflet lanset untuk mempersempit-elips, panjang 3-8 cm, lebar 1-2 cm, margin tidak teratur dan sering sangat bergigi. Kedua permukaan kelenjar-berbulu. Tangkai daun 2-4 cm panjang. Bunga dalam malai pendek atau soliter di axils atas. Kelopak putih, selama atau lebih pendek dari sepal. Buah berbentuk bulat telur, panjang, merah, dapat dimakan tapi hambar.

ucen rubus

Ciri Rubus atau Ucen:

  1. Sifat / Kebiasaan: toleran terhadap dingin; selalu hijau sepanjang tahun, toleran terhadap kekurangan cahaya, miring atau memanjat semak
  2. Digunakan: tanamam perdu ; berupa kebun, semak hias, pot, Penelitian untuk perbaikan varietas
  3. Kegunaan lain: Buah dimakan, dapat dimakan mentah atau ditambahkan ke dalam salad, juga cocok untuk membuat selai dan mengawetkan
  4. Habitat : Hutan perbatasan dan tempat terbuka, pinggiran sungai, kebun kosong, pinggir jalan, dan lainnya lebih atau kurang terbuka tempat, ketinggian 0-2500 m. Banyak dijumpai di sepanjang jalur pendakian
  5. Manfaat tumbuhan dalam keadaan darurat : Buah beberebetan yang sudah masak berwarna merah merupakan makanan ringan di perjalanan yang berasa manis hambar.
rubus ucen

Raspberry yang bergizi merupakan tambahan yang bagus untuk resep makanan atau sebagai camilan segar yang sehat oleh sebagian orang.

Raspberry merah adalah tambahan sehat untuk diet semua orang. Buah ini memiliki rasa lezat yang unik dan dikemas dengan vitamin, antioksidan dan serat. Mungkin manfaat yang paling menjanjikan dari mengonsumsi raspberry merah adalah jumlah besar asam ellagic, senyawa antioksidan fenolik yang dikenal sebagai senyawa anti-karsinogenik yang kuat. Tes klinis menunjukkan bahwa asam ellagic dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Minyak dari biji raspberry merah populer sebagai pelembab kulit, karena mengandung banyak vitamin C, asam alfa-linolenat (asam lemak omega-3) dan asam linoleat (asam lemak omega-6). Minyak ini juga memiliki sifat memblokir sinar matahari (peringkat SPF di atas 25).

Nutrisi Buah Ucen

Raspberry merah adalah salah satu sumber vitamin C terkaya di dunia tanaman (30 mg per porsi 1 cangkir, sekitar 50% Nilai Harian), mangan (sekitar 60% Nilai Harian) dan serat makanan (20% dari berat atau 30% Nilai Harian) ). Berry juga mengandung vitamin A, B vitamin 1-3, zat besi, kalsium dan kalium. Mengandung antioksidan, terutama karena kandungan asam ellagic yang padat (dari ellagotannins), quercetin, asam galat, anthocyanin, cyanidin, pelargonidin, katekin, kaempferol dan asam salisilat. Semua ini adalah antioksidan fenolik dengan manfaat kesehatan yang menjanjikan.

Manfaat Untuk Kesehatan

Manfaat ucen anti-penyakit berikut telah diisolasi dalam model eksperimental. Meskipun tidak ada studi klinis sampai saat ini membuktikan efek ini pada manusia, penelitian medis menunjukkan kemungkinan manfaat mengkonsumsi raspberry merah secara teratur terhadap:Peradangan

  • Rasa sakit
  • Kanker
  • Penyakit kardiovaskular
  • Diabetes
  • Alergi
  • Penurunan kognitif terkait usia
  • Penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia

Baca Juga Ya Gaess...

Bunga Foxglove, Bunga yg Cantik
views 165
Nama Ilmiah dari bunga Foxglove adalah Digitalis. Memiliki bahan kimia kuat yang dapat menyembuhkan kondisi jantung jika dikonsumsi dengan benar teta...
Tillandsia
views 116
Tillandsia atau dikenal dengan tanaman udara istilah untuk sekitar genus 650an tanaman epifit. tanaman ini tidak memerlukan tanah melainkan memperoleh...