Tomat | Solanum lycopersicum

Menanam tanaman di kebun adalah cara yang baik untuk menghemat uang dan menghasilkan sayur mayur yang sehat untuk dapur Anda. Jika Anda adalah pecinta tomat dan ingin mulai menggunakan buah tomat dari kebun sendiri dalam masakan Anda, cobalah untuk menanam tomat dari biji. Langkah-langkahnya cukup sederhana, dan akan sangat menyenangkan bagi Anda sekaligus menghasilkan banyak buah tomat yang enak rasanya.

Lokasi

Seperti halnya tanaman lainnya, tomat membutuhkan kondisi lingkungan yang ideal untuk bertumbuh dengan kuat dan menghasilkan buah yang enak. Beberapa jenis tomat harus ditanam di tempat asalnya dan tidak akan tumbuh dengan baik di tempat lain atau di belahan dunia yang lain. Lakukan riset mengenai jenis tomat yang cocok untuk lingkungan dan lokasi Anda dengan menghubungi dinas pertanian setempat. Mungkin saja ada jenis tomat hibrida unik yang malah dapat tumbuh dengan sempurna pada jenis tanah dan iklim yang ada di tempat Anda, yang mungkin Anda belum pernah dengar atau pikirkan sebelumnya.

Jenis

Ada banyak jenis tomat, masing-masing dengan warna, ukuran, dan rasa yang unik. Tomat dapat berukuran mulai dari sebesar anggur hingga sebesar bola kasti, dan dapat memiliki warna yang bervariasi, kecuali biru. Jenis masakan yang akan Anda buat, rasa tomat yang Anda butuhkan, dan cara pertumbuhan yang Anda inginkan, semua dapat menjadi pertimbangan yang harus Anda pikirkan saat memilih jenis tomat yang Akan ditanam.

  • Ada dua jenis cara pertumbuhan pada tanaman tomat: determinate dan indeterminate. Jenis determinate tumbuh tegak ke atas dan cepat berbuah, tetapi daur hidupnya singkat. Jenis indeterminate tumbuh merambat dan mirip tanaman anggur, dan dapat tetap menghasilkan buah dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Tomat “Red globe” atau “beefsteak” adalah jenis yang tradisional, dan sering dikonsumsi secara utuh atau dalam bentuk irisan, misalnya untuk roti lapis (sandwich). Jenis tomat plum atau roma digunakan untuk memasak, tomat kalengan, dan membuat saus tomat. Tomat ceri atau anggur memiliki banyak biji dan air buah, dan sering digunakan utuh atau dibelah untuk masakan salad dan pasta.
  • Warna buah tomat dapat mempengaruhi rasanya. Untuk rasa tomat yang klasik, pilihlah tomat yang besar dan merah. Tomat yang berwarna ungu atau coklat rasanya lebih kaya dan lebih hangat, sedangkan tomat berwarna kuning dan jingga, rasanya lebih manis. Tomat hijau sangat cocok untuk masakan yang gurih.

Memilih Jenis

Tomat dapat ditanam dari biji kering yang dijual dalam pak, biji segar yang didapatkan dari tomat yang dipotong, atau semaian biji yang bisa didapatkan dari toko berkebun. Biji yang dikeringkan dan yang segar membutuhkan usaha paling besar untuk menumbuhkannya, tetapi hasilnya bisa menjadi yang paling menjanjikan. Menanam semaian biji tomat adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

menanam tomat

Waktu Menanam

Menanam tomat harus dilakukan pada waktu yang tepat setiap tahun untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena tomat adalah tanaman yang butuh banyak sinar matahari, mereka akan tumbuh dengan kuat di musim panas atau kemarau. Mulailah menanam tomat paling tidak dua minggu di akhir musim penghujan. Di negara empat musim, dua minggu setelah selesainya hawa beku terakhir atau ketika suhu saat malam hari tidak lebih kecil dari 10 derajat Celsius dan suhu siang hari tidak lebih dari 32 derajat Celsius.

  • Jika Anda menyemai biji di dalam rumah, mulailah 6-8 minggu sebelum waktu yang Anda rencanakan untuk memindahkannya ke tanah.
  • Jika dibutuhkan, Anda dapat membeli termometer tanah untuk memeriksa apakah suhu tanah di kebun Anda ideal untuk menanam tomat. Tanah yang bersuhu sekitar 32 derajat Celsius ideal untuk menanam. Tetapi ini tentu tidak akan berhasil tanpa cuaca yang baik pula. Oleh karena itu cobalah dahulu untuk memastikan lahan Anda cocok.
  • Almanak petani adalah alat yang sangat berguna untuk menentukan waktu tanam yang paling baik. Anda dapat melihat almanak petani daring atau membeli yang sesuai untuk daerah Anda.

 

Source: Wikihow

Related Post