Tanaman Untuk Obat: Rimpang

Tumbuhan herbal adalah tumbuhan atau tanaman untuk obat yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional terhadap penyakit. Sejak zaman dahulu, tumbuhan herbal berkhasiat obat sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa. Pengobatan tradisional terhadap penyakit tersebut menggunakan ramuan-ramuan dengan bahan dasar dari tumbuh-tumbuhan dan segala sesuatu yang berada di alam. Banyak diminati oleh masyarakat karena biasanya bahan-bahannya dari tanaman untuk obat dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Tanaman untuk obat atau tumbuhan herbal terdiri atas akar, rimpang, umbi, kulit kayu, batang, daun, bunga, buah, dan biji.

Bengle

tanaman untuk obat

Kandungan kimia rimpang bengle di antaranya adalah terpinyl acetate, transpiperitol, bornyl acetate, germacrene, methyleugenol, megastigma-trience, lachnophyllum eter, juniper camphor, dan sebagainya. Berdasarkan uraian diatas, rimpang bengle dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tidak enak badan, sakit kuning, masuk angin, rewel (tidak dapat tidur), batuk, dan juga batuk serak.

Dringo

tanaman untuk obat

Rimpang dringo (Jawa) atau jeringau digunakan sebagai obat mengurangi radang tenggorokan. Dengan demikian, dringo yang ditemukan dalam manuskrip dimanfaatkan untuk pengobatan batuk.

Jahe

Rimpang jahe (ginger) merupakan akar tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga zingiber of icinale roscoe berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau yang menyengat. Jahe merupakan bahan alami mengandung phenolic aktif, seperti shogaol dan gingerol. Tanaman ini bersifat atau memiliki efek antioksidan dan antikanker. Rimpang jahe mengandung minyak asiri yang bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, rematik, sakit perut, pusing, kolera, penawar racun ular, masuk angin, keseleo, dan bengkak.

tanaman untuk obat

Selain itu, rimpang jahe berkhasiat sebagai karminatif, yakni untuk peluruh kentut, mengeluarkan angin. Rimpang jahe berkhasiat sebagai stomakik, yakni menambah nafsu makan dan menguatkan lambung. Juga sebagai stimulan atau sebagai perangsang dan sebagai diaforetik, yakni sebagai peluruh keringat. Rimpang jahe memiliki efek herbal dan dapat untuk mengobati batuk, sakit kepala dan salesma(in luensa), mulas, gatal (obat luar), luka (obat luar), sakit kepala (obat luar) dan membangkitkan nafsu makan

Kencur

tanaman untuk obat

Rimpang kencur (aromatic ginger, sand ginger) digunakan sebagai obat batuk, peluruh dahak atau pembersih tenggorokan, menghilangkan lendir yang menyumbat hidung , dan menghangatkan badan. Berkhasiat juga untuk menghilangkan gas dari perut dan menangkal radikal bebas

Kunci

tanaman untuk obat

Rimpang kunci berkhasiat untuk batuk kering dan sariawan, kembung dan susah kencing, kurap, batu empedu, dan sari rapet.

Kunyit

Kunyit (curcuma longa) termasuk tanaman itofarmaka. Bagian yang digunakan untuk herbal adalah rimpangnya. Kandungan rimpang kunyit adalah minyak asiri, kurkumin, dimetoksin kurkumin, arabinosa, luktosa, glukosa, pati, tanin, magnesium besi, kalsium, natrium, dan kalium.

tanaman untuk obat

Berdasarkan kandungan tersebut rimpang kunyit memiliki efek herbal atau khasiat untuk menjaga stamina, hepatoprotektor, diuretik, antioksidan antiradang, immunomodulator, dan antikanker .  Juga, bersifat antiin lamasi, antihiperkolesterolmenia, antiproliferatif, dan antitumor. Rimpang kunyit juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah, obat malaria, obat cacing, akit perut, memperbanyak ASI, stimulan, mengobati keseleo, memar, rematik, meredakan batuk, dan antikejang.

Lempuyang

tanaman untuk obat

Rimpang lempuyang berkhasiat untuk obat asma, merangsang nafsu makan, merangsang membran mukosa lambung, mengurangi rasa nyeri, pembersih darah, penambah nafsu makan, menurunkan kesuburan pada wanita, pencegah kehamilan, pereda kejang, mengobati penyakit empedu, penyakit kuning, radang sendi, batuk rejan, kolera, anemia, malaria, penyakit syaraf, nyeri perut, mengatasi sakit cacingan, dan masuk angin. Jika rimpang lempuyang digunakan untuk pengobatan atau pemakaian luar bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri.

Sunthi

tanaman untuk obat

Rimpang sunthi atau jahe sunthi (Jawa)/zingiber of icinale var. rubrum mempunyai efek herbal antimual, penghangat badan, mengatasi perut kembung, dan merangsang regenerasi sel. Di samping itu, berkhasiat untuk meluruhkan keringat, mengatasi radang tenggorokan, melancarkan pernapasan, dan meningkatkan stamina. Kandungan rimpang sunthi atau jahe sunthi (Jawa) adalah karminativum yang bermanfaat untuk merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin. Selain itu, juga mengandung gingerol bermanfaat sebagai penghangat badan dan melegakan napas, mineral, vitamin A, ar-curcumene, dan sebagainya.

Temulawak

tanaman untuk obat

Rimpang temulawak (curcumaxanthorrhiza) termasuk dalam itofarmaka. Artinya, keamanan konsumen akan terjamin karena sudah teruji klinis. Rimpang temulawak memiliki kandungan an timikroba, antibakteri, agen antioksidan, karsinogen, antiproliferasi (penghambatan siklus sel). Juga, terdapat kandungan antiplasmodial, yakni dapat menekan serangan malaria Temulawak berkhasiat untuk menjaga kesegaran badan, mengobati gangguan pencernaan dan manambah nafsu makan, mengobati diare, dan sebagainya.

 

 

Related Post