tanaman hias tahan panas

7 Tanaman Hias Tahan Panas

Apabila anda mencari tanaman yang tahan terhadap sinar matahari sepanjang hari dan panas maka beberapa tanaman hias tahan panas berikut dapat menjadi pertimbangan. Semua tanaman hias berikut adalah tanaman tropis yang tumbuh subur pada area yang mendapat sinar matahari sepanjang hari. tanaman hias tahan panas tersebut adalah:

1. Lantana

Lantana adalah bunga tropis yang mekar sepanjang tahun dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, oranye, putih atau merah muda. tanaman ini tumbuh subur di daerah panas, merupakan jenis tanaman sinar matahari sore, semakin banyak sinar matahari semakin baik.

Bunga Lantana camara memiliki bunga berbentuk tabung kecil yang masing-masing memiliki empat kelopak dan disusun dalam kelompok di daerah terminal batang . Bunga datang dalam berbagai warna termasuk merah, kuning, putih, pink dan oranye yang berbeda tergantung lokasi pada perbungaan, umur, dan kematangan. [13] Setelah penyerbukan terjadi warna bunga berubah (biasanya dari kuning ke orangish, merah muda, atau kemerahan), ini diyakini sebagai sinyal bagi penyerbuk bahwa warna pra-perubahan berisi hadiah dan juga layak secara seksual, sehingga meningkatkan efisiensi penyerbukan.

lantana tanaman hias tahan panas

2. Bunga Sepatu

Hibiscus adalah salah satu semak berbunga paling populer karena beberapa alasan: Perawatannya rendah, dapat tumbuh dengan mudah, tersedia dalam jutaan warna dan untuk iklim beriklim sedang dan tropis.

Pada umumnya tinggi tanaman dapa mencapai sekitar 2 sampai 5 meter. Daun kembang sepatu berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis, tamanam ini berbunga sepanjang tahun. Sedangkan di daerah subtropis, berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

3. Kaliandra

Calliandra adalah genus tanaman berbunga dikeluarga kacang polong.  Bunga diproduksi dalam silinder atau bulat perbungaan dan memiliki banyak ramping panjang benang sari yang menimbulkan nama tanaman spons bedak. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun, tapi yang terbaik adalah mekar di musim semi dan musim panas.

Di Indonesia, orang mengenal kaliandra terutama adalah kaliandra bunga merah (C. calothyrsus) sebagai tanaman penghijauan serta sumber pakan ternak.

tanaman hias tahan panas

4. Marigold

Bunga Marigold adalah bunga annual yang mudah tumbuh dan berbunga. Popularitas bunga ini berasal dari kemampuannya untuk mekar cerah sepanjang musim. Marigold memiliki kelopak tunggal atau ganda,  seperti anyelir dan sendiri atau dalam kelompok.

Marigold menyukai matahari dan panas. Letakkan marigold di tempat yang menerima sinar matahari penuh dan mereka akan mekar dengan baik. Dengan pilihan yang tersedia, Anda bisa menumbuhkan marigold sebagai tanaman tahunan.

5. Adenium

Tanaman yang populer di daerah tropis. Batang adenium yang kokoh membentuk bonggol besar berliuk-liuk sehingga menyerupai bonsai. Tanaman ini menutupi dirinya dengan bunga tubular yang indah. Di daerah beriklim sedang, Anda bisa menanam adenium sebagai tanaman rumah tangga.

Bunga adenium yang berwarna-warni, mulai dari merah, putih, pink , hingga bermotif garis atau bercak-bercak yang membuat penampilannya semakin memikat. Menanam adenium harus berhati-hati karena getahnya beracun.

menanam adenium

6. Bunga Tasbih/Canna

Bunga Canna membutuhkan kehangatan, sinar matahari penuh, dan tanah yang lembab untuk tumbuh subur. Bergantung pada varietas canna bisa tumbuh antara 30 cm sampai 2 meter tingginya dan hadir dalam warna merah, oranye dan kuning.

Bunga kana tumbuh keluar di ujung pucuk. Mempunyai daun tunggal, bulat telur memanjang, bertangkai pendek menjadi pelepah, ujung dan pangkal runcing, menyirip jelas, dan memiliki lapisan lilin. Bunga majemuk tumbuh bercabang, tersusun dalam rangkaian, mahkota bunga besar dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning dan jingga.

7.Krokot/Moss Rose

Dedaunan seperti jarum yang menakjubkan dan bunga kecil yang cerah dan berwarna-warni, Krokot layak dijadikan tempat di kebun kontainer Anda, di keranjang gantung atau kotak jendela apakah Anda tinggal di daerah tropis atau beriklim sedang. Mereka adalah salah satu tanaman hias tahan panas tangguh yang tidak pernah rewel pada panas tropis dan kekeringan yang meningkat.

Bunganya seperti bunga mawar dan mungkin sering disebut Moss Roses. Sering digunakan dalam pengobatan herbal dan bahkan dalam memasak. Krokot penuh Asam Lemak Omega 3, banyak Mineral dan Vitamin dan nutrisi lain yang tentu layak untuk anda ketahui.