Tanaman Bayam Malabar

Tanaman bayam malabar bukanlah bayam sejati, namun dedaunannya memang menyerupai sayuran berdaun hijau. Juga dikenal sebagai bayam Ceylon, memanjat bayam, gui, acelga trapadora, bratana, libato, bayam anggur dan nightshade Malabar, bayam Malabar adalah anggota keluarga Basellaceae. Merambat dengan ketinggian yang bisa mencapai 6 meter lebih. Batang tanaman ini tidaklah kuat seperti tanaman lainnya, cenderung lunak daun sendiri berbentuk bulat menyerupai telur dengan ujung daun yang tumpul dan berwarna hijau. Tanaman ini akan sangat mudah dikenali dari semua ciri-ciri tersebut.

Basella alba adalah varietas daun hijau sedangkan varietas daun merah termasuk spesies Basella rubra yang biasanya disebut gendola, yang memiliki batang keunguan. Jika bukan bayam yang tepat, lalu apa bayam Malabar? Apa itu angsa malabar Tanaman bayam Malabar tumbuh di India dan di seluruh daerah tropis, terutama di daerah dataran rendah yang lembab. Sementara daun hijau tua menyerupai bayam, ini adalah jenis tanaman anggur yang tumbuh subur di temps panas, bahkan melebihi 90 F. (32 C.) Suhu dingin menyebabkan bayam Malabar merayap. Ini tumbuh sebagai tahunan, tapi tumbuh seperti abadi di daerah yang bebas dari embun beku.

Perawatan Bayam Malabar

Bayam Malabar akan tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi tanah namun lebih memilih tanah yang subur dan lembab dengan banyak bahan organik dan pH tanah antara 6,5 ​​dan 6,8. Tanaman bayam Malabar dapat tumbuh di bawah naungan, yang meningkatkan ukuran daunnya, namun lebih menyukai paparan sinar matahari yang panas, lembab dan penuh.

Bayam Malabar juga membutuhkan kelembaban konstan untuk mencegah retak daun, yang akan mengubah daun menjadi pahit – idealnya merupakan area dengan iklim hangat untuk perawatan dan pertumbuhan bayam Malabar yang optimal.

Tanaman ini membutuhkan rambatan atau teralis. Bahkan bisa dibesarkan teralis yang sama seperti kacang polong , untuk benar-benar memanfaatkan ruang kebun. Tumbuh sebagai tanaman hias, tanaman merambat bisa dilatih untuk memanjat pintu. Untuk memangkas bayam Malabar, cukup potong daunnya yang tebal dan berdaging sambil menahan beberapa batang.

Cara Menanam

Bayam Malabar bisa tumbuh dari biji atau stek. Jika batangnya terlalu sulit dimakan saat dipangkas, cukup masukkan kembali ke tanah tempat mereka akan berakar kembali. Keroklah benih dengan amplas atau  pisau untuk mempercepat perkecambahan. Akan memakan waktu tiga minggu atau lebih lama pada suhu antara 65-75 F. (18-24 C.).

Taburlah langsung benih bayam Malabar di daerah atau lebih hangat, dua sampai tiga minggu setelah tanggal beku terakhir. Jika Anda tinggal di zona dingin, mulailah benih di dalam rumah sekitar enam minggu sebelum embun beku terakhir. Tunggu sampai transplantasi sampai tanah memanas dan tidak ada kemungkinan embun beku. Transplantasi bibit jarak sekitar satu kaki terpisah.

Kegunaan Bayam Malabar

Begitu Anda memiliki panen yang baik untuk panen, dengan menggunakan bayam Malabar sama seperti menggunakan sayuran bayam biasa. Lezat yang dimasak, bayam Malabar tidak berlendir seperti sayuran lainnya.

Di India, dimasak dengan cabe pedas, bawang merah cincang dan minyak mustard. Sering ditemukan di sup, tumis dan kari, bayam Malabar bertahan lebih baik daripada bayam biasa dan tidak layu dengan cepat. Meski saat dimasak rasanya rasanya seperti bayam, bayam Malabar mentah merupakan wahyu dari rasa juicy, renyah dari jeruk dan merica. Sangat lezat dicampur dengan sayuran hijau lainnya dalam salad.

Namun Anda menggunakan bayam Malabar, penemuan ini adalah anugerah bagi kita yang mencintai sayuran hijau kita tapi mendapati hari-hari musim panas yang hangat agak terlalu panas untuk menikmatinya. Bayam Malabar memiliki tempatnya di kebun dapur, menyediakan sayuran segar dan sejuk untuk hari-hari musim panas yang panjang.

 

Baca Juga Ya Gaess...

Adenium, Bunga Bagus Beracun
views 232
Adenium merupakan tanaman hias favorit sampai saat ini, karena tanaman dan bunga adenium yang mempesona. Batang adenium yang kokoh membentuk bonggol b...
Hortensia | Hidrangea
views 183
Hydrangea adalah tanaman hias populer, yang ditanam untuk mahkota bunganya yang besar. Spesies jenis Hydrangea macrophylla menjadi yang paling banyak ...