Red Aglaonema, Merahnya Sri Rejeki

Salah satu tanaman lanskap interior yang paling banyak digunakan adalah aglaonema. Juga dikenal sebagai tanaman yang selalu hijau, aglaonema yang mudah dirawat dan dapat dipertahankan pada tingkat cahaya rendah, sering ditemukan di lingkungan rumah atau kantor. Menanam aglaonema cukup mudah dan menyenangkan.

Salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh adalah aglaonema merah, juga merupakan tanaman yang terlihat berkelas. Tanaman ini relatif baru dengan menonjolkan warna hijau gelap sebagai dasar dengan aksen merah atau pink. Warna daun yang sangat menarik membuat aglaonema merah sangat tepat untuk aksen tanaman dalam rumah. terlihat indah apabila diletakkan di atas meja tamu, samping kursi bahkan di kamar tidur.

Selama bertahun-tahun, Aglaonema telah hibridisasi dan dibesarkan dalam jenis dari warna, pola dan bentuk daun. Beberapa yang paling umum termasuk Calypso, Maria, Candy Cane, Cutlass, Diamond Bay, Silver Bay, Emerald Bay, Gold Dust, Dionne, Jewel Of India, Jubilee, Simplex, Peacock, Lumina, Moonlight Bay, Romeo dan Silverado. Serta puluhan jenis lagi!

Popularitas Aglaonema ini lebih meningkat karena kemudahan pertumbuhan, perawatan dan propagasi. Tanaman ini dapat dengan mudah diperbanyak dengan biji, tunas atau stek batang atau pembagian rumpun.

menanam aglaonema

Menanam Aglaonema

Waktu terbaik untuk menyebarkan tanaman Aglaonema anda dengan pembagian adalah selama tanam ulang atau repotting (tunas muda atau tunas kecil) dapat pot sebagai tanaman individu baru. Juga ketika mendapatkan tanaman muda yang subur dan ingin meningkatkan jumlah mereka dengan memisahkan mereka.

  1. Tempatkan pot pada sisinya dan hati-hati tarik tanaman keluar dari pot, buang bola akar bersama-sama dengan tanah sebanyak mungkin.
  2. Periksa kondisi akar untuk melihat apakah itu kusut atau tidak.
  3. Jika bola akar sangat kusut, Anda akan perlu pisau untuk memotong vertikal ke bawah, kanan melalui akar untuk membagi rumpun tanaman menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  4. Jika akar tidak kusut maka bukalah akar tersebut dengan jari secara lembut sehingga masing2 tanaman individu terpisah satu-satu.
  5. Tempatkanlah setiap individu tanama tersebut k dalam pot yang telah berisi tanah.
  6. Siramlah dengan sedikit air supaya lembab dan tempatkanlah pada daerah dengan cukup sinar matahari tetapi tidak langsung terkena panasnya.
menanam aglaonema

Memelihara Aglaonema

Masalah umum dengan Aglaonema dan hampir semua tanaman hias dalam ruangan adalah apa yang kita sebut “tip” atau hanya ujung daun mengering dan berubah cokelat. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk penyiraman berlebihan, terlalu banyak pupuk kimia, akar membusuk dan udara stagnan yang kering.

  1. Menanam aglaonema merah pada tempat sedikit atau banyak cahaya tidak masalah.
  2. Tanaman menghasilkan warna paling bagus pada tempat dengan pencahayaan matahari tidak langsung pada tingkat pencahayaan sedang atau didalam rumah.
  3. Siram tanaman apabila tanah sudah mengering saja. Tanaman ini tahan terhadap kekeringan apabila anda lupa menyiramnya, tetapi tumbuh lebih baik dengan sedikit penyiraman yang teratur
  4. Pupuklah tanaman cukup 2 kali dalam satu tahun. gunakan pupuk yang biasa saja sesuai dengan takaran yang ada.
  5. Tanaman aglaonema tidak membutuhkan pemangkasan. Singkirkanlah daun yang sudah mengering.
menanam aglaonema

Source: J&J Garden, Costafarms