Sirih Gading, Tanaman Hias Merambat Tahan Panas

Sirih Gading adalah salah satu tanaman hias yang paling populer dari begitu banyak . Tanaman merambat ini sangat menarik, tahan lama, tahan panas dan mudah untuk tumbuh. Tanaman yang memiliki daun halus, seperti kulit, berbentuk hati ini memiliki ciri khas daun yang mengkilap. Sirih gading adalah spesies dari tanaman berbunga dalam keluarga dari Araceae.  Tanaman ini juga disebut golden pothos, devil’s vine atau devil’s ivy karena sangat sulit mati.

Sirih gading tumbuh sampai 20 m, dengan diameter batang sampai 4 cm , memanjat dengan cara akar udara yang menempel pada permukaan dinding atau pohon. Daun berbentuk hati, pada seluruh tanaman remaja, tapi tidak teratur pada tanaman dewasa. Daunnya dapat mencapai ukuran hingga 100 cm panjang dan 45 cm yang luas. Sedangkan daun muda yang jauh lebih kecil, panjang biasanya di bawah 20 cm.

sirih gading
Sirih gading tanaman dalam rumah

Pada daerah beriklim panas, tanaman hias ini populer sebagai tanaman dalam rumah atau tanaman indoor dengan berbagai variasi daun berwarna putih, kuning, atau hijau muda. Tanaman ini kadang-kadang digunakan dalam akuarium, ditempatkan di atas akuarium dan dibiarkan tumbuh akar di dalam air. Hal ini bermanfaat untuk tanaman dan akuarium karena menyerap banyak nitrat dan menggunakannya untuk pertumbuhan.

Sirih gading diketauhi sebagai tanaman beracun untuk kucing dan untuk anjing. Perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan untuk memastikan tanaman tidak dikonsumsi oleh hewan peliharaan. Gejala yang terjadi apabila memakannya termasuk iritasi mulut, muntah, dan kesulitan menelan.

sirih gading
Sirih gading tanaman merambat

Tanaman Merambat Kelas Pemula

Sebuah tanaman dalam rumah sempurna untuk pemula, Sirih gading adalah salah satu yang paling mudah Anda dapat tumbuhkan, juga sangat populer. Merupakansalah satu tanaman yang dapat mentolerir kondisi cahaya rendah. Mereka akan menjadi kembali hijau solid & tidak akan tumbuh terlalu banyak, tapi mereka akan hidup.

Tanaman merambt ini adalah salah satu dari tanaman yang juara dalam hal membersihkan udara. Tanaman ini sebenarnya membuang racun yang ditemukan di karpet, cat, plastik, isolasi, dll dari udara di sekitar mereka. Mereka mengambil di buruk & melepaskan baik.

Sirih Gading begitu mudah untuk dikembangbiakkan. Jika Anda akan memberikan tanaman ke teman Anda dalam waktu singkat. Hanya dengan memotong sepotong batang mana saja dengan panjang 5 sampai 10 cm. Taruhlah potongan batang tersebut di dalam air. Setelah muncul akar makan mereka siap disebarkan kemanapun.

sirih gading
Tanaman merambat tahan panas

Menanam Sirih Gading:

  1. Sirih gading adalah tanaman yang sangat serbaguna yang dapat mentolerir tingkat cahaya rendah atau cahaya dalam rumah,  juga berkembang di bawah sinar matahari penuh di pekarangan atau tumbuh di luar ruangan di negara-negara tropis.
  2. Apabila digunakan untuk tanaman outdoor dapat mentolerir sinar matahari penuh juga dengan naungan parsial seperti ditemukan ketika tumbuh melalui pohon, dinding, atau pergola.
  3. Sirih Gading biasa ditanam dengan stek daun juga dapat diperbanyak dengan akar daun-tunas atau stek batang ujung.
  4. Tanah di sekitar Golden Pothos harus dijaga relatif lembab.
  5. Gunakan pot campuran berbasis tanah ketika ditanam pada pot di dalam ruangan. Ketika tumbuh di luar ruangan, tumbuhkan di tanah yang subur dan lembab tetapi berdrainase baik.
  6. Menyediakan tiang untuk dukungan ketika menumbuhkan tanaman ini sebagai tanaman rambat.
sirih gading
Daunnya dewasa yang besar dan mengkilap

Memelihara Sirih Gading:

  1. Tanaman ini memiliki sistem akar dangkal sehingga lebih baik dilakukan penyiraman dengan volume sedikit tetapi lebih sering frekuensinya.
  2. Sirih gading adalah houseplant yang sangat stabil sehingga membutuhkan pupuk seimbang (20-20-20), pemupukan bulanan akan cukup.
  3. Penyakit tanaman termasuk kutu putih, tungau laba-laba, dan serangga skala. Kutu putih biasanya yang paling umum ini dan dapat dihapus dengan menggunakan alkohol dan kapas, sabun insektisida, atau dihapus dengan tangan.
  4. Pangkaslah tanaman secara teratur untuk mendapatkan tanaman baru dan membuat tanaman semakin banyak.

Source: Wikipedia, Flowershopnetwork