Salvia, Bunga Sage

Nama Salvia ( “salviya”) berasal dari bahasa Latin salvere ( “merasa baik dan sehat, kesehatan, menyembuhkan”), kata kerja yang berhubungan dengan salus (kesehatan, kesejahteraan, kemakmuran atau keselamatan); mengacu sifat penyembuhan. Di Indonesia disebut Bunga Sage

Spesies Salvia ada yang berjenis annual maupun perennial dan memiliki semak berkayu. Batang tanaman biasanya miring seperti anggota tanaman Lamiaceae. Daun tanaman ini seringnya adalah daun bergerigi.

Bunga diproduksi di tandan , atau malai , dan umumnya menghasilkan tampilan mencolok dengan warna bunga mulai dari biru, merah, putih dan kuning tetapi kurang umum.  Kelopak biasanya tubular atau berbentuk lonceng.  Benang sari yang dikurangi menjadi dua struktur pendek dengan kepala sari dua-bersel, sel bagian atas yang subur, dan lebih rendah yang tidak sempurna. Buah yang halus bulat telur atau lonjong nutlets dan beberapa spesies mereka memiliki lapisan mucilaginous.

Bunga Sage
Bunga Sage

Banyak anggota spesies Salvia memiliki trikoma (rambut) yang tumbuh di daun, batang, dan bunga. Rambut ini membantu untuk mengurangi kehilangan air di beberapa spesies. Terkadang juga adalah kelenjar dan mengeluarkan minyak atsiri yang biasanya memberikan aroma yang berbeda untuk tanaman. Ketika rambut digosok, beberapa sel bantalan minyak yang pecah, melepaskan minyak. Hal ini mengakibatkan tanaman menjadi tidak menarik untuk beberapa serangga dan hewan.

Banyak spesies digunakan sebagai bumbu, sebagai tanaman hias (biasanya untuk kepentingan bunga), dan kadang-kadang untuk dedaunan hias dan aromatiknya. Salvia spesies digunakan sebagai tanaman pangan oleh larva dari beberapa Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat).

CirI Khas Salvia, Bunga Sage

  • Cocok di Kontainer
  • Menarik Kupu-kupu
  • Tahan garam
  • Tahan hewan kecil
  • Baik untuk bunga potong
  • Baik untuk bunga kering
  • Mudah untuk pemula
  • Mekar selama sebulan atau lebih
  • Menarik burung
  • Bermanfaat untuk penyerbuk
Bunga Sage
Bunga Sage

Memelihara Salvia

Tanaman ini merupakan tanaman favorit dari tukang kebun pemula maupun ahli. Bunga ini memiliki jangka mekar bunga yang panjang. Sangat menyenangkan dan memuaskan baik untuk bunga segar maupun bunga kering.

Tanaman ini menyukai tanah lembab tetapi dengan drainase yang baik. Tanaman dapat dipisahkan untuk pengembangbiakannya dalam jangka setahun sekali. Setelah berbunga tanaman dapat dipangkas untuk membentuknya dan menyiapkan untuk pembungaan selanjutnya.

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari penuh dan kurang cocok apabila dibawah naungan. Penyiraman yang teratur akan merangsang pertumbuhan dan pembungaan.