Balsam si Bunga Pacar Air

Bunga Pacar Air atau Impatiens balsamina biasa disebut garden balsam, garden jewel weed, rose balsam, ataupun touch-me-not merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia selatan dan Asia tenggara. Pacar air sering digunakan untuk pembatas kebun dan bermekaran dalam pot bunga di teras rumah di sepanjang musim panas. Bunga yang cantik dan tahan banting ini memiliki banyak warna dan bisa ditanam dengan pola yang menghasilkan efek visual yang memukau

Pacar air merupakan tanaman herba yang bersifat biennial, yaitu tumbuhan yang untuk menyelesaikan daur hidupnya berkisar antara lebih dari satu tahun sampai dua tahun dengan tinggi dapat mencapai ± 80 cm. Bentuk akar dari bunga pacar air ini adalah serabut. Pacar air merupakan tanaman herba berbatang basah (herbaceus), lunak, bulat, bercabang, warna hijau kekuningan. Pacar air biasanya ditanam sebagai tanaman hias.

Balsam si Bunga Pacar Air

Ciri Pacar Air

Berdasarkan arah tumbuhnya, batang utama tumbuhan ini tegak lurus (erectus) yaitu arah tumbuh batang utama beserta percabangannya tegak lurus ke atas. Percabangan dari tanaman ini adalah percabangan monopodial yaitu batang utama selalu tampak lebih jelas, karena lebih besar dan lebih panjang dari cabang-cabangnya.

Daunnya tunggal incompletus karena tidak memiliki vagina, tersebar, berhadapan, atau dalam karangan. Bentuk daun lanset memanjang, pinggirnya bergerigi (serratus), ujung meruncing (acuminatus), tulang daun menyirip (penninervis). Warna daun hijau muda tanpa daun penumpu, jika ada daun penumpu bentuknya kelenjar. Bagian bawah membentuk roset akar. Luas daunnya sekitar 2 sampai 4 inchi dengan panjang sekitar 6-15 cm dan lebar 2-3 cm.

Bagian bunga pacar air memiliki bunga tunggal dengan aneka macam warna ada yang putih, merah, ungu, kuning, jingga, dll. Jika pacar air yang berbeda warna disilangkan, maka akan terbentuk keturunan yang beraneka ragam. Bunga zygomorph, berkelamin 2.

Daun kelopak 3 atau 5, lepas atau sebagian melekat, bertaji. Daun kelopak samping berbentuk corong miring, berwarna, dan terdapat noda kuning di dalamnya. Sedikit di atas pangkal daun mahkota memanjang menjadi taji dengan panjang 0,2-2 cm. Daun mahkota 5, lepas. Daun mahkota samping berbentuk jantung terbalik dengan panjang 2-2,5 cm, yang 2 bersatu dengan buku, yang lain lepas dan lebih pendek. Ada 5 benang sari dengan tangkai sari yang pendek, lepas,agak bersatu. Kepala sarinya bersatu membentuk tudung putih. Setiap tangkai hanya berbunga 1 dan tangkainya tidak beruas, memiliki 5 kepala putik.

Buah pacar air bertipe buah kendaga atau regma,dan bila telah masak buahnya yang seukuran seruas jari kelingking dengan biji-biji di dalamnya akan pecah dengan sendirinya. Biji bunga pacar air bijinya tanpa endosperm dengan lembaga yang lurus.

Ada tiga jenis pacar air umum yang tiap-tiap jenis memiliki warna yang sedikit berbeda dengan kelopak bunga yang juga berbeda. Varietas Tom Thumb memiliki bunga yang besar dan berwarna mencolok; varietas Super Elfin memiliki bunga dengan warna pastel; sedangkan varietas Swirl memiliki bunga berwarna jingga dan merah dengan kelopak yang memiliki pola melingkar.

Ada tiga jenis pacar air umum yang tiap-tiap jenis memiliki warna yang sedikit berbeda dengan kelopak bunga yang juga berbeda. Varietas Tom Thumb memiliki bunga yang besar dan berwarna mencolok; varietas Super Elfin memiliki bunga dengan warna pastel; sedangkan varietas Swirl memiliki bunga berwarna jingga dan merah dengan kelopak yang memiliki pola melingkar.

Balsam si Bunga Pacar Air

Cara Menanam Pacar Air

Jagalah agar bibitnya tetap lembap sebelum ditanam. Pacar air mudah layu jika tidak mendapatkan air dalam jumlah yang cukup. Tidak peduli Anda membeli bibit atau menanam pacar air dari biji, pastikan bibit Anda tetap lembap sampai bibit tersebut siap ditanam di luar rumah baik di dalam pot atau di tanah.

Carilah lokasi yang tepat untuk menanam pacar air Anda. Pacar air dapat tumbuh dengan baik di dalam pot, planter (wadah penanaman berbentuk kotak memanjang) dan petak di kebun. Pilih area yang mendapatkan naungan sebagian di siang hari, karena tanaman ini menyukai tempat yang teduh. Pastikan tanahnya lembap tetapi memiliki drainase yang baik, karena pacar air bisa terserang jamur jika media tanamnya terendam air

Tanam pacar air saat tanah dalam kondisi hangat. Pacar air tidak boleh ditanam di dalam tanah atau di dalam pot sebelum embun beku (frost) terakhir telah berlalu, saat tanah berubah menjadi hangat dan bunga-bunganya tidak mungkin membeku. Menanam pacar air terlalu awal bisa membuat tanaman ini layu dan mati sebelum cuaca yang hangat tiba.

Siapkan media tanamnya. Pacar air suka dengan tanah yang subur dan lembap. Anda bisa menyiapkannya dengan mencangkul tanah sedalam 30 cm, kemudian mencampurkan kompos atau sedikit pupuk pada tanah tersebut. Bila pacar air tersebut Anda tanam di dalam pot, belilah media tanam yang kaya dengan nutrisi.

Buatlah lubang di tanah dan tanam pacar air Anda. Galilah lubang dengan kedalaman yang sama dengan bola akar pacar air dan tanam pacar air Anda ke dalam tanah atau pot. Lubangnya bisa diberi jarak sekitar 8 hingga 30 cm, tergantung keinginan Anda. Tekan tanah di sekitar pangkal batang dengan lembut. Setelah ditanam, siram pacar air secara merata.

Balsam si Bunga Pacar Air

Perawatan Pacar Air

Anda dapat menanam pacar air secara berdekatan untuk membentuk pembatas yang indah di petak bunga. Anda bisa menanamnya di dalam wadah dengan jarak antar tanaman sekitar 5 hingga 7,5 cm. Selain wadah, Anda juga bisa menanam pacar air di keranjang gantung. Tanaman pacar air Anda akan segera tumbuh secara bersamaan dan menutupi tanah kosong di sela-sela tanaman tersebut.

Jagalah agar pacar air Anda tetap lembap setiap saat. Jika tanahnya kering, pacar air akan cepat layu. Setiap beberapa hari sekali, siram tanaman Anda di sekitar akar di pagi hari. Jangan menyiram pacar air di malam hari dan membiarkannya basah sepanjang malam, karena tanaman ini akan mudah lapuk jika kondisi tanahnya terlalu basah.

Pangkas pacar air setidaknya satu kali agar batangnya tidak tinggi menjulang. Potongan bekas pangkasan bisa Anda tempatkan di dalam rumah dalam sebuah gelas yang diisi air agar akarnya tumbuh. Setelah akarnya tumbuh, Anda bisa menanamnya di kebun untuk memperbanyak koleksi tanaman Anda.

Jangan berlebihan dalam menyiram pacar air Anda. Air yang berlebihan bisa mengundang tumbuhnya jamur dan membuat tanaman membusuk. Jika tidak yakin apakah tanaman Anda perlu disiram atau tidak, periksa tanahnya dengan jari untuk melihat tingkat kelembapan tanahnya.

Balsam si Bunga Pacar Air

Kandungan Kimia Bunga Pacar Air

  • Pelargonidin
  • Malvidum
  • Antocyanin
  • Kaemperol
  • Quercetin
  • Delphinidin
  • Mono glycosine
  • Cyniding
  • Kumarin,
  • Flavonoid,
  • Kuinon,
  • Saponin
  • Steroid.

Balsam si Bunga Pacar Air

Manfaat dan Khasiat Bunga Pacar Air

  • Bunga pacar air untuk atasi nyeri haid
  • Tumor usus,
  • Kanker saluran pencernaan,
  • Usus buntu,
  • Menurunkan kolesterol,
  • Tekanan darah tinggi,
  • Rematik,
  • Pembengkakan,
  • Sakit pinggang,
  • Kaku pinggang,
  • leher kaku,
  • Tarsuga (terkena duri ikan ditenggorokan),
  • Sigurdongon (peradangan dipinggir kuku),
  • Merangsang pertumbuhan rambut,
  • Pewarnaan kuku seperti kuteks,

Catatan Wanita hamil dilarang memakai resep diatas. Setiap pengobatan dilakukan secara teratur. Untuk penyakit berat tetap konsultasikan ke dokter.

Source: Tanaman Herbal dan WikiHow