Merawat Tanaman Begonia

Begonia mungkin adalah salah satu tanaman hias yang paling beragam dan terkenal. Varietas begonia berjumlah ribuan, dan popularitas mereka cukup jelas. Mekar Begonia berkisar dari kecil dan halus hingga besar dan seperti mawar. Begonia daun tertentu tumbuh menjadi pola mosaik dengan berbagai warna. Beberapa faktor menyebabkan daun begonia jatuh tiba-tiba dan membusuk.

Penyiraman

Alasan paling umum daun begonia membusuk adalah terlalu sering menyiram. Begonia adalah tanaman sukulen dengan batang yang sebagian besar air, yang membuatnya sangat sensitif terhadap kelembaban dan jamur. Begonia yang berlebihan menyiram daunnya menjadi kuning, suatu proses yang disebut klorosis. Akhirnya, daun-daun itu membusuk dan kemudian jatuh. Jika Anda melihat bintik-bintik coklat pada daun juga, mereka memiliki botrytis infeksi jamur, yang tumbuh subur dalam kondisi dingin dan basah.

Suhu dan Kelembaban

Faktor lain yang mempengaruhi kesehatan daun begonia adalah suhu dan kelembaban. Begonia berasal dari lingkungan tropis dan terbiasa tumbuh dalam kondisi cerah, hangat, dan lembab. Bahkan jika Anda menyiram begonia Anda dengan benar, kelembaban tinggi bersama dengan suhu dingin dapat meningkatkan kemungkinan begonia akan menderita busuk daun dan / atau botrytis.

begonia daun
Begonia Rex

Pengobatan

Jika daun begonia Anda mulai menguning, semua harapan tidak hilang. Salah satu cara pertama untuk mencegah klorosis adalah dengan memberi begonia Anda 1/2-kekuatan pupuk untuk meningkatkan asupan nutrisi. Jika begonia Anda memiliki daun menguning atau membusuk, perawatan lain adalah mengubah kondisi pertumbuhannya dengan memindahkannya ke tempat yang lebih cerah dan lebih hangat; jika suatu begonia menunjukkan tanda-tanda klorosis, kemungkinan itu tidak bahagia di lokasinya. Jika begonia Anda memiliki bercak botrytis pada daunnya, potong dan buang daunnya untuk mencegah penyebaran jamur.

Pencegahan

Mencegah busuk daun dan botrytis membutuhkan beberapa langkah sederhana. Saat membeli atau menanam begonia, pastikan bahwa campuran potnya ringan, lapang, dan mudah dikeringkan; yang akan mencegah begonia dari duduk di air. Tanam atau beli begonia dalam pot yang cocok dengan ukuran begonia; pot yang terlalu besar menampung lebih banyak air di dalam tanah daripada yang bisa digunakan begonia pada satu waktu, sehingga tanaman berada di dalam air. Tumbuhkan begonia di lokasi yang cerah atau sebagian cerah untuk meningkatkan suhu lokasi mereka, yang akan mencegah busuk dan jamur.