Menanam Tillandsia, Tanaman Udara

Tillandsia adalah tanaman asli Amerika Utara, tumbuh baik di pasir pantai maupun di pohon-pohon di kaki pegunungan Atlantic Range. Tanaman ini telah beradaptasi dengan banyak iklim yang berbeda dan memiliki daun yang cocok dengan keanekaragaman ini.

Tillandsia biasanya epifit, tumbuh pada tanaman lain untuk mengumpulkan cahaya, air dan nutrisi, tetapi bukan tanaman parasit. Tumbuhan ini menggunakan akarnya hanya untuk menempel pada inangnya dan hanya mengandalkan daun untuk menyerap air dan nutrisi.

Tillandsia adalah beberapa anggota tertua dari tumbuhan. Genus ini mencakup lebih dari 600 spesies. Tidak semua dari 600 spesies Tillandsia mudah dipelihara dan dibudidayakan sebagai tanaman hias. Rata-rata, ada sekitar 40-60 spesies yang tersedia untuk dijual dan sejumlah besar hibrida dan kultivar.

Tillandsia Stricta

Tillandsia stricta adalah tanaman keras yang selalu hijau, rumpun, bertangkai pendek, epifit dengan daun yang tersusun. Tanaman dengan tinggi yang kompak sekitar 10cm (4 inci). Ada variasi yang dapat ditemukan di tanaman Tillandsia stricta: dari spesimen berdaun lunak hingga yang jauh lebih keras, jenis yang lebih kaku dan berbagai bentuk warna dari daun hijau muda hingga daun keperakan dan bahkan hampir hitam.

Di awal musim panas, mereka berbunga, ketika matang, merah terang atau dengan bunga biru cerah. Bunga yang sebenarnya tidak berumur panjang, bertahan selama sekitar satu hari di terbaik, sebelum mulai layu. Daun keras Tillandsia stricta membentuk rumpun yang indah dari waktu ke waktu. Bentuk-bentuk Tillandsia stricta dengan daun hijau pucat bersisik, diadaptasi untuk mengambil lebih banyak sinar matahari daripada bentuk hijau.

Tillandsia stricta, memiliki sedikit atau tanpa akar dan menyerap sebagian besar atau seluruh air dan makanan melalui daunnya. Akar akhirnya digunakan oleh tanaman ini hanya untuk menempel pada batu atau inang pohon. Asal usul julukan nama ilmiah tanaman ini (stricta) berarti ‘tegak’ dan menggambarkan kebiasaan tegak tanaman ini.

Bunga Tillansia Stricta
Bunga Tillansia Stricta

Perawatan:

Tillandsia stricta, setelah pengenalan awal ke rumah baru mereka (sekitar satu bulan), memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk bertahan dalam kondisi rumah daripada tanaman pot. Tanaman ini sangat mudah beradaptasi, membutuhkan perawatan yang rendah.

Cahaya:

Kebutuhan cahaya tanaman Tillandsia stricta adalah sedang dan semakin tinggi kelembaban udara, semakin tinggi cahaya yang ditoleransi. Tempatkan mereka tidak lebih dari 3m (10 kaki) dari jendela. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan tanaman terbakar dan meninggalkan bekas yang tidak sedap pada tanaman.

Menanam Tillandsia stricta baik juga dalam cahaya buatan. Cahaya buatan spektrum penuh (fluorescent) adalah yang terbaik. Tanaman harus ditempatkan tidak lebih dari 90cm (35 inci) dari tabung fluorescent dan bisa sedekat 15cm (6 inci). Bola lampu pijar tidak cocok untuk tanaman. Berikan cahaya 12 jam per hari.

Suhu:

Kisaran suhu optimal untuk Tillandsia stricta adalah 10 hingga 32 ° C (50-90 ° F). Mereka juga membutuhkan udara yang mengalir, bukan kondisi basi yang tertutup. Selama musim panas disarankan untuk memindahkan tanaman ini ke luar, dalam posisi teduh untuk mendapat manfaat dari udara segar.

Jika Tillandsia stricta disimpan dalam terarium, pastikan mereka memiliki lubang udara dan tidak ditempatkan di tempat yang mudah panas seperti wadah kaca. Penempatan sesekali di tempat terbuka yang teduh selama sehari dapat menghidupkannya kembali.

Penyiraman:

Tillandsia stricta dibasahi sekali seminggu; lebih sering di lingkungan yang panas dan kering; lebih jarang di tempat sejuk dan lembab. Rendam mereka (terendam penuh) selama 30 menit hingga satu jam, kemudian biarkan hampir benar-benar kering. Jika tanaman memiliki bunga mekar, jangan menenggelamkan bunganya (hanya tubuh tanaman) karena daya tarik estetika bunga secara permanen terganggu.

Tanaman harus diberi cukup cahaya dan sirkulasi udara untuk mengering tidak lebih dari 4 jam setelah penyiraman. Jika tanaman mengering dalam waktu yang sangat singkat, berarti tidak terhidrasi sama sekali.

Jangan gunakan air suling atau air lunak. Gunakan air keran yang telah cukup lama untuk dihilangkan klorin, air botolan. Air kolam, akuarium atau air hujan lebih disukai. Semprotan kabut tidak mencukupi sebagai satu-satunya sarana penyiraman tetapi mungkin bermanfaat antara penyiraman rutin di iklim kering untuk meningkatkan kelembaban.

Tillandsia stricta tidak akan bertahan hidup di genangan air. Lebih baik menyiram di pagi hari daripada di malam hari. Tanaman udara ini menyerap karbon dioksida dari udara di malam hari alih-alih di siang hari. Jika tanaman basah, maka tidak bernafas karenanya, kecuali jika cepat kering di malam hari.

Pupuk

Pemupukan tanaman Tillandsia tidak penting. Pupuk sesekali dalam air akan mempercepat pertumbuhan, reproduksi dan bunga mekar. Berilah pupuk dedaunan yang larut dalam air yang direkomendasikan pada label hanya selama bulan-bulan tertentu.

Bunga Tillansia Stricta

Tanaman Tillansia Stricta

Menanam Tillandsia

Menanam Tillandsia stricta pada dasarnya dapat di mana saja, di bebatuan, di kerang, di keramik atau tembikar, melekat pada kayu. Pertama-tama harus dipertimbangkan bagaimana tanaman akan disiram. Mereka harus ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman akan cahaya. Memaku atau menginjak tubuh tanaman akan membunuhnya. Jangan menggunakan superglue atau kawat tembaga karena ini akan membunuh tanaman.

Perbanyakan:

Pada pangkal tanaman dewasa akan muncul satu hingga tiga anak atau tanaman muda. Tumbuh untuk menggantikan tanaman induk yang sekarang mekar yang akan terdegradasi dan mati segera setelahnya. Mereka akan membutuhkan waktu satu tahun untuk tumbuh sebesar induk mereka.

Rumpun dapat dibiarkan tumbuh terus menerus atau memisahkan satu atau lebih anak. Penting untuk membiarkan anakan tumbuh 1/3 atau setengah dari ukuran tanaman asli sebelum memisahkan dari tanaman induk. Untuk memisahkan anakan, pegang dengan satu tangan, pisahkan dengan sedikit putaran.

Tillandsia stricta adalah salah satu tillandsia yang tumbuh paling cepat dari biji. Ada banyak kultivar dari spesies ini. Tillandsia stricta telah digunakan dalam hibridisasi dengan spesies lain seperti Tillandsia albertiana dan Tillandsia recurvifolia untuk mendapatkan hibrida baru yang menunjukkan karakteristik kedua spesies.

Hama dan Tanaman

  • Jangan menanam Tillandsia stricta di tanah dan jangan biarkan mereka basah untuk waktu yang lama karena mereka cenderung berakar. Pengobatan: Area yang membusuk pada tanaman perlu dihilangkan untuk mencegah penyebaran busuk.
  • Paling umum, Tillandsia stricta mati karena pengaturan air di pusat tanaman terlalu lama.
  • Under-watering dengan daun berujung coklat. Perawatan: Rendam tanaman sesuai indikasi pada bagian penyiraman.
  • Warna yang lebih terang pada daun adalah tanda bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak sinar matahari.