Menanam Calathea Zebra Sehingga Tampil Menawan

Tanaman Calathe Zebra, nama ilmiahnya Calathea Zebrina berasal dari keluarga yang sama (marantaceae) dengan tanaman calathea yang populer sebagai tanaman dalam ruangan. Meskipun Calathea zebrina tumbuh lebih tinggi dan bisa sedikit lebih sulit untuk tumbuh. Sebagai tanaman tropis asli Brasil, Calathea memang membutuhkan lingkungan yang hangat dan lembab yang mendorong dedaunan tumbuh subur dan terlihat menawan. Bagaimana cara menanam Calathea Zebra?

Ciri Calathea Zebra

Sama seperti yang lainnya dari kelompok Maranta dan genus Calathea. Dia dikenal karena daunnya yang mencolok. Varietas ini memiliki daun ovate berpola beludru yang berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau yang lebih gelap, seperti garis-garis Zebra. Bagian bawah daun berwarna ungu dan tidak selalu terlihat karena daun tumbuh secara horizontal (walaupun beberapa akan melengkung atau tumbuh lebih tegak). Merupakan tanaman pembentuk rumpun yang menghasilkan batang panjang (hingga 1 meter) dan daun (panjang 15 inci atau lebih).

Bunga Calathea Zebra

Tanaman Calathea Zebrina ini menghasilkan bunga berwarna ungu atau putih yang sulit terlihat di dalam ruangan. Bunganya memang kurang menarik dan bukan daya tarik utama tanaman ini, tetapi ketika mereka mekar masih bagus untuk dilihat.

Calthea menyukai tempat yang hangat tetapi teduh di mana saja di dalam ruangan tanpa angin dingin dan cukup cahaya cocok. Kamar mandi yang terang cukup besar untuk menampung tanaman juga bisa menjadi lokasi yang baik, karena tingkat kelembaban yang lebih tinggi.

Menanam Calathea Zebra
Disebut Calathea Zebra Karena Daunnya

Menanam Calathea Zebra

Perbanyakan

Perbanyakan dilakukan dengan membagi tanaman utama saat penanaman ulang dilakukan. Berikan lingkungan yang hangat dan kelembaban yang cukup setelah membelah dan menanam kembali.

Suhu

Suhu kamar rata-rata 65-75ºF (18-24ºC) adalah yang terbaik, dan tidak lebih rendah dari 60ºF (15ºC). Penurunan suhu yang tiba-tiba dan angin dingin harus dihindari.

Cahaya

Di habitat aslinya, Calathea Zebrina berdiam di daerah hutan yang dinaungi oleh pepohonan tanpa sinar matahari langsung, itulah sebabnya tempat yang terang namun teduh di dalam rumah kaca yang hangat atau ruang kaca sangat cocok untuk mereka. Di tempat lain di dalam ruangan hanya perlu cerah tanpa sinar matahari langsung.

Penyiraman

Selama musim tanam siram tanaman dengan seksama dan jaga kelembapan tanahnya (ingat tanaman ini menyukai kelembapan). Saat musim dingin tumbuh melambat atau berhenti, kurangi penyiraman dan Anda bisa membiarkan tanah bagian atas menjadi sedikit kering di antara setiap penyiraman. Jika Anda bisa – gunakan hujan hangat atau air suling dan hindari air dingin.

Ini adalah salah satu kondisi yang sulit untuk mendapatkan yang benar di banyak rumah tangga dan untuk mempertahankan sepanjang tahun untuk pabrik ini. Gerimis dan menjaga kelembapan tanah akan membantu, tetapi jika Anda bisa dan jika tanaman Anda menunjukkan tanda-tanda bahwa itu diperlukan – gunakan baki kelembaban atau pelembab elektronik. Menempatkan Calathea di dekat tanaman lain juga akan meningkatkan kelembaban.

Media Tanam

Campuran pot gambut akan dibutuhkan untuk menanam Calathea Zebra, 2 bagian gambut dan 1 bagian perlite adalah salah satu campuran yang baik. Beri pupuk dengan pupuk cair seimbang setiap dua minggu dari bulan April – Oktober. Anda harus menanam ulang atau re-pot setiap dua tahun sekali, selama musim semi.