Menanam Bunga Freesia Refracta, Bunga Seharum Parfum

Freesia refracta adalah tanaman asli Afrika Selatan tempat ditemukan tumbuh di tanah berpasir atau berbatu di antara semak belukar atau di tepi hutan, biasanya di tempat teduh. Ini adalah spesies yang relatif umum dari lembah pedalaman yang kering di Western Cape. Freesia refracta secara luas dinaturalisasi di daerah beriklim sedang diperkenalkan sebagai tanaman kebun. Bagaimana cara menanam bunga Freesia?

Freesia refracta adalah tanaman herba yang tumbuh dari umbi dengan diameter 1–2,5 cm, dengan seberkas daun tipis seperti tali 10-30 cm panjang dan batang bercabang tinggi 10 –40cm. Memiliki beberapa daun dan duri bunga satu sisi longgar dengan enam tepal. Bunga berbentuk corong sempit harum yang mekar menghadap ke atas karena batang mereka memiliki kebiasaan yang tidak biasa untuk berbalik pada sudut kanan tepat di bawah bunga bawah. Ini menyebabkan bagian atas batang tumbuh hampir sejajar dengan tanah.

Bunga Freesia mulai mekar berturut-turut dari pangkal ke atas perbungaan. Bunga Freesia refracta adalah berwarna cream keemasan. Ini adalah wangi yang paling manis selain kultivar berwarna merah muda, merah, ungu, emas, dan putih murni.

Menanam Bunga Freesia:

Menanam bunga Freesia refracta dari biji atau umbi yang di awal musim hujan. Benih segar mulai berkecambah dalam 4 hingga 5 minggu. Beberapa tanaman berbunga di musim kedua, sebagian besar di musim ketiga. Freesia refracta dapat berbunga berbagai waktu. Rumpun paling baik diangkat dan dibagi setiap tiga tahun.

Gali lubang dan tanam umbi sedalam 5 cm dan terpisah 8 cm. Posisikan umbi dengan ujung runcing menghadap ke atas. Setelah tanam, siram dengan baik. Akar akan terbentuk dalam beberapa minggu tergantung pada suhu tanah dan udara.

Setelah mekar selesai jangan memotongnya. Daun akan mengumpulkan sinar matahari, menciptakan makanan melalui fotosintesis dan memperkuat umbi untuk masa depan. Di daerah beriklim hangat, biarkan tidak terganggu hingga 3 tahun atau sampai mereka menjadi penuh dan kemudian membaginya di akhir musim panas. Di daerah yang lebih dingin, angkat umbi-umbian setelah dedaunan mereda, simpanlah untuk menanam bunga freesia di musim berikutnya.

Freesia refracta umbi tidak akan mekar kedua kalinya. Mereka memang menghasilkan anakan yang bisa ditanam. Setelah berbunga, biarkan dedaunan mati kembali secara alami, potong batangnya, lalu lepaskan dan simpan anakan di tempat yang kering. Freesia refracta akan beristirahat selama beberapa bulan sebelum memulai siklus pertumbuhan berikutnya.

menanam bunga freesia
Tanaman Bunga Freesia

Lokasi:

Tempatkan Freesia refracta di lokasi yang cerah, lebih disukai yang menerima sinar matahari pagi dan sore hari sehingga batangnya menjadi kuat dan produksi bunga paling baik.

Tanah:

Menanam bunga Freesia refracta membutuhkan lokasi penanaman dengan drainase yang baik. Tanaman ini tidak tumbuh subur di tanah yang basah. Ubah tanah dengan penambahan bahan organik untuk menaikkan permukaan tanah 5-8 cm untuk drainase yang lebih baik. Gambut, kompos, kulit tanah, atau pupuk kandang yang sudah terurai semuanya bekerja dengan baik dan tersedia secara luas.

Penyiraman:

Sirami dengan baik melalui musim tanam tetapi kurangi saat berbunga. Berhentilah menyiram sama sekali setelah dedaunan mati dan mengering.

Pemupukan:

Pupuk cair dapat diterapkan segera setelah pertumbuhan pertama muncul di atas tanah.

menanam bunga freesia
Buket Bunga Freesia

Perawatan Freesia:

Umbi Freesia refracta mudah untuk dipaksa mekar. Mulai menanam bunga freesia di akhir musim panas atau awal musim gugur untuk musim dingin atau awal musim semi. Setelah bunga memudar, penting untuk memotong kepala bunga tetapi tidak batang hijau. Biarkan dedaunan mati kembali secara alami saat tanaman menghasilkan anakan baru.

Cahaya:

Tempatkan Freesia refracta di titik cahaya terang, tetapi jangan terik matahari langsung. Tanaman ini akan menghargai sinar matahari pagi yang sejuk dan langsung.

Suhu:

Simpanlah tanaman Freesia refracta di ruangan dingin dengan suhu berkisar antara 16-18 ° C dan kelembaban sedang saat mereka tumbuh dan berbunga. Mekarnya bunga akan bertahan selama berminggu-minggu jika disimpan pada maksimum 18 ° C.

Air:

Sirami dengan baik melalui musim tanam tetapi kurangi saat berbunga. Berhentilah menyiram sama sekali setelah dedaunan mati dan mengering. Jangan berlebihan karena akan menyebabkan umbi membusuk.

Makanan:

Beri makan tanaman Freesia refracta setiap dua minggu, dimulai dengan pertunjukan pertama kuncup bunga sampai akhir berbunga. Gunakan pupuk cair kalium tinggi yang dilarutkan setengahnya.

Masalah:

Lindungi Freesia refracta terhadap kutu daun, tungau dan thrips karena mereka dapat menularkan penyakit virus yang sangat rentan terhadap Freesia. Siput dan siput juga dapat merusak daun dan jamur yang busuk menyerang cacing.