Manfaat Tanaman Krisan

Bunga seruni, krisan, atau chrisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Dahulu merupakan simbol kerajaan Jepang, Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai キク (kiku).

Tanaman krisan telah dihargai karena bunga-bunganya yang indah selama berabad-abad. Minyak krisan juga memiliki banyak kegunaan. Minyak atsiri yang diekstrak dari tanaman krisan telah lama digunakan sebagai pestisida organik alami dan anti serangga. Minyak dan ekstrak krisan juga telah digunakan dalam pengobatan herbal karena sifat antibakteri dan antibiotiknya. Minyak bunga krisan juga memiliki aroma yang menyenangkan.

Penolak Serangga

Minyak krisan mengandung zat kimia yang disebut piretrum, yang mengusir dan membunuh serangga, terutama kutu daun. Sayangnya, itu juga dapat membunuh serangga yang bermanfaat bagi tanaman, jadi perawatan harus digunakan ketika menyemprotkan produk penolak serangga dengan piretrum di kebun. Penolak serangga untuk manusia dan hewan peliharaan juga sering mengandung piretrum. Anda juga dapat membuat obat nyamuk Anda sendiri dengan mencampurkan minyak krisan dengan minyak esensial wangi lainnya seperti rosemary, sage, dan thyme. Namun, alergi terhadap krisan adalah hal yang umum, sehingga individu harus selalu menguji produk minyak alami sebelum digunakan pada kulit atau secara internal.

Obat Kumur Antibakteri

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam minyak krisan, termasuk pinene dan thujone, efektif melawan bakteri umum yang hidup di mulut. Karena itu, minyak krisan dapat menjadi komponen pencuci mulut antibakteri alami atau digunakan untuk memerangi infeksi mulut. Beberapa ahli pengobatan herbal merekomendasikan penggunaan minyak krisan untuk penggunaan antibakteri dan antibiotik. Teh krisan juga telah digunakan untuk sifat antibiotiknya di Asia.

Bunga Krisan Kuning

Encok

Para ilmuwan telah mempelajari berapa banyak tumbuhan dan bunga seperti krisan yang telah lama digunakan dalam pengobatan Tiongkok membantu mengatasi penyakit tertentu seperti diabetes dan asam urat. Studi menunjukkan bahwa ekstrak tanaman krisan, bersama dengan herbal lain seperti kayu manis, efektif dalam mengobati asam urat. Bahan aktif dalam minyak krisan dapat menghambat enzim yang berkontribusi terhadap asam urat. Ini tidak berarti bahwa pasien dengan gout harus menelan minyak krisan. Semua obat herbal harus didiskusikan dengan dokter sebelum dicerna.

Keharuman

Karena aromanya yang menyenangkan, kelopak bunga krisan yang dikeringkan telah digunakan dalam bunga rampai dan untuk menyegarkan linen selama ratusan tahun. Minyak krisan juga dapat digunakan dalam parfum atau lilin beraroma. Aromanya ringan dan berbunga tanpa terasa berat.

Nama lain

Karena ada banyak jenis bunga dan ramuan yang berbeda dengan nama latin chrysanthemum, minyak atsiri dapat diberi label sebagai tanaman lain. Jamu dan pewangi juga menyebut krisan tansy, ringkasan biaya, krisan feverfew, dan balsamita. Minyak esensial krisan dapat dicantumkan dalam buku obat herbal dan toko di bawah nama-nama ini. Selalu periksa nama Latin semua tanaman sebelum membeli minyak esensial.