7 Manfaat Melati Belanda

Melati Belanda adalah tanaman hias merambat yang sering dijumpai disekitar kita. Bunga Melati Belanda yang dapat mekar sepanjang tahun, selama mereka mendapat cukup sinar matahari. Mereka berwarna merah, pink dan putih serta memiliki aroma yang sangat harum di pagi hari.Tanaman Melati Belanda mengandung beberapa zat seperti minyak eterik, jasmone, benzilic acetate, indole, benzilic alcohol, linalcohol dan livalyl acetate. Selain sebagai tanaman hias, ternyata Melati Belanda juga dapat digunakan sebagai tanaman obat hidup untuk mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Berikut manfaat Melati Belanda

Mengatasi Diare dan Cacing

Penggunaan pertama biji melati Belanda, akar dan buah juga dapat digunakan untuk antihelmintik yang berguna untuk mengatasi cacing parasit dan juga efektif sebagai solusi untuk diare dalam waktu cepat dan aman.

Mengatasi Nefritis

Nefritis adalah kerusakan yang terjadi pada glomerulus ginjal yang terjadi akibat infeksi dengan bakteri streptococcus. Uremia akan memasuki urin dan pembuluh darah yang menyebabkan air menumpuk di area kaki karena reabsorpsi air yang terganggu.

Rebusan buah dari melati Belanda dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati nefritis dan juga sebagai obat berkumur untuk membunuh kuman di mulut.

Mengurangi Nyeri Demam

Demam adalah kondisi tubuh seseorang yang lebih dari 38 derajat Celcius. Demam itu sendiri adalah resistensi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh parasit, virus dan bakteri. Ketika demam terjadi, maka rasa sakit juga akan terjadi di seluruh bagian tubuh. Untuk mengurangi rasa sakit bisa menggunakan daun melati Belanda.

Melati Belanda

Mencegah Kanker

Melati Belanda juga mengandung sumber antioksidan yang tinggi yang memberikan efek resistensi untuk menangkal berbagai radikal bebas berbahaya seperti kanker. Antioksidan yang terkandung dalam melati Belanda adalah solusi kanker herbal yang sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak uang.

Mengatur Produksi Insulin

Kadar gula yang tinggi dan pembentukan insulin yang terlalu tinggi adalah penyebab utama diabetes. Salah satu cara untuk mengurangi kadar gula berlebih dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi teh Melati Belanda secara teratur.

Menenangkan Tubuh

Aroma harum yang dihasilkan dari Melati Belanda akan memberikan efek menenangkan dan otot dan saraf yang sehat serta otak. Berbagai ketegangan yang ada di dalam tubuh akan segera terhalang dengan mudah sehingga tidak menimbulkan pusing dan rasa sakit di beberapa bagian tubuh seperti nyeri otot.

Mengurangi Kolesterol

Manfaat Melati Belanda selanjutnya adalah untuk mengurangi kolesterol tinggi yang merupakan penyebab utama stroke dan penyakit jantung. Kolesterol jahat dalam tubuh akan berangsur-angsur berkurang sambil meningkatkan jumlah lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat melati Belanda tidak hanya sebagai tanaman hias dan menghasilkan aroma yang sangat harum. Melati Belanda juga memiliki banyak kegunaan untuk tubuh seperti menyembuhkan penyakit dan digunakan sebagai aromaterapi.