Mandevilla, The Rocktrumpet

Mandevilla adalah genus  tanaman berasal dari Amerika Tengah/Selatan, keluarga, Apocynaceae . Ini pertama kali digambarkan sebagai genus pada tahun 1840. Tanaman ini memiliki nama umum yaitu rocktrumpet. Terdiri dari sekitar 120 spesies tanaman keras terutama tuberous, subshrubs dan tanaman merambat/melilit. Merupakan tanaman merambat yang indah yang paling sering digunakan dalam budidaya dan taman. Pertumbuhan cepat tanaman ini dengan mudah mengubah permukaan halaman dan taman menjadi dekorasi visual menarik dari kombinasi dedaunan dan bunga.

Spesies yang paling sering terlihat pada budidaya adalah tanaman merambat yang tumbuh cepat. Memiliki daun besar, hijau, elips daun tombak berbentuk mendalam. Mandevilla menghasilkan sejumlah besar bunga berbentuk terompet mencolok sepanjang bulan-bulan hangat, yang menjadikannya tanaman populer untuk teralis taman atau pergola.

mandevilla

Bunga yang umum dijumpai adalah berwarna putih cream dan nuansa merah muda. Mandevillas dapat dilatih dinding atau teralis untuk memberikan berdaun hijau dan sering berbunga.. Mereka memiliki kecenderungan untuk menarik serangga seperti kutu putih dan sisik .

Tanaman ini dapat ditumbuhkan dari biji dan stek. Untuk lebih mempercepat pembungaan maka tanaman ini sebaiknya distek saja dari tanaman yang sudah berbunga. Buatlah stek tanaman dari batang yang sudah berkayu.

Perawatan Mandevilla

Tanamlah Mandevilla Anda dalam pot dengan media tanam arang sekam, kemudian siram sampai jenuh dan letakkan di tempat teduh untuk adaptasi selama 2 hari. Setelah Mandevilla Anda mulai terlihat segar, Anda bisa pindahkan ke tempat yang kaya cahaya matahari. Karena Mandevilla Anda adalah tanaman yang sangat mencintai cahaya matahari. Makin banyak matahari, makin bagus. Yang paling bagus adalah cahaya matahari pagi, dan paling tidak penyinaran dari jam 7.00 – 14.00.

mandevilla

Media Tanam

Media tanam sangat berpengaruh terhadap perkembangan Mandevilla. Mandevilla suka media yang poros. Media yang disarankan adalah Arang sekam, media tanam yang mudah ditemukan, murah dan cocok untuk tanaman ini. Kami tidak menyarankan pencampuran dengan media organik, kompos atau pupuk kandang, karena media organik atau pupuk organik biasanya kurang steril dan dapat memicu timbulnya penyakit pada akar.

Menyiram dan Memupuk

Penyiraman dilakukan satu kali sehari pada pagi hari. Untuk pemupukan, disarankan untuk menggunakan pupuk dengan komposisi N-P-K seimbang, seperti pupuk Growmore 20-20-20. Jika di tempat Anda sulit mendapatkan pupuk Growmore, Anda bisa menggantinya dengan pupuk Gandasil dengan komposisi N-P-K seimbang.

Anda dapat membuat stok pupuk cair dari pupuk Growmore 20-20-20, caranya: Larutkan 1 sendok makan pupuk Growmore 20-20-20 ke dalam 1 ember air (7 liter). Pemupukan dilakukan dua kali seminggu dengan dosis 200 ml per tanaman atau satu gelas aqua.

Pemupukan dilakukan pada pagi hari. Kalau sudah di pupuk, tanaman tidak perlu disiram lagi karena pupuk sudah dalam kondisi cair. Pertumbuhan sulur dan tunas biasanya butuh waktu 10 hari jika perawatan optimal.

mandevilla

Pemangkasan Mandevilla

  • Mandevilla dapat sangat rimbun dan besar sehingga pemangkasan diperlukan untuk membentuk tanaman sesuai keinginan.
  • Setelah penanaman, buatlah kerangka batang dengan memilih tiga sampai lima batang kuat, tunas muda
  • Jika hanya ada satu tunas utama, kurangi panjangnya dengan sepertiga untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut dari tangkai dasar.
  • Memangkas setiap tunas penuh sesak atau lemah
  • Memacu pemangkasan di awal musim hujan. Hal ini akan mendorong terciptanya dahan untuk berbunga.

 

Related Post