Krokot, Moss Rose

Portulaca (nama daerah: Krokot) adalah genus dari tanaman dari suku Portulacaceae. Terdapat sekitar 40-100 spesies yang ditemukan di daerah tropis dan daerah bermusim empat. Succulents, toleran terhadap kekeringan dan tanaman panas serta hanya  membutuhkan pemeliharaan sangat sedikit. Bunganya seperti bunga mawar dan mungkin sering disebut Moss Roses. Sering digunakan dalam pengobatan herbal dan bahkan dalam memasak. Krokot penuh Asam Lemak Omega 3, banyak Mineral dan Vitamin dan nutrisi lain yang tentu layak untuk anda ketahui. 

Kultivar Portulaca Grandiflora dipilih karena bunga ganda dengan kelopak tambahan, dan untuk variasi warna bunga,  dan secara luas tumbuh di daerah beriklim sedang sebagai tanaman hias untuk tempat tidur tahunan atau sebagai tanaman kontainer. Hal ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah baik dikeringkan. Hampir tidak memerlukan perhatian dan menyebar sendiri sangat mudah. Di tempat-tempat dengan arsitektur lama dapat tumbuh antara batu-batu dari jalan atau trotoar. Benih sering dijual sebagai campuran, seperti ganda warna campur.

krokot

Perbanyakan Tanaman:

Krokot Moss Rose tumbuh dari biji. Biji Moss Rose dapat ditanam langsung ke taman bunga Anda, atau disemai di dalam ruangan untuk tanam nanti.

  1. Taburlah benih di awal musim dan tutupi  dengan 0.5 cm tanah halus.
  2. Biji periode perkecambahan, membutuhkan satu hingga dua minggu. Tanaman rentan terhadap embun beku.
  3. Jarak tanam ideal adalah terpisah sepuluh inci.
  4. Tanaman ini juga dapat diperbanyak dengan stek.

moss rose

Menanam Krokot:

Menanam krokot tidaklah sulit, pun begitu juga dalam sisi perawatan krokot terbilang cukup gampang dan mudah. Tapi jangan dianggap enteng apalagi menyepelekan tanaman ini, meski terbilang mudah merawatnya, kita harus rajin dan rutin me-replant krokot.

  1. Moss Rose mudah untuk tumbuh. Moss Rose dapat tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh.
  2. Tanaman lebih memilih tanah yang miskin hara. Mereka lebih memilih tanah longgar, berpasir atau lempung.
  3. Tumbuhan ini adalah tahan kekeringan dan toleran panas. Di taman bunga, penyiraman jarang diperlukan.
  4. Jika tumbuh dalam wadah atau pot gantung, biarkan tanah kering antara penyiraman.
  5. Tambahkan, pupuk nitrogen tinggi ketika tanam pertama, untuk membantu mereka untuk mendapatkan awal yang baik. Tambahkan pupuk fosfor tinggi sebelum mekar..
  6. Moss Rose menghasilkan bunga tangguh, tahan lama, di awal musim panas.
  7. Pangkas tanaman untuk membuat lebih baik, penampilan rapi. Memberikan banyak sirkulasi udara melalui tanaman untuk membantu menghindari penyakit jamur.
  8. Tanaman semusim yang sangat rentan terhadap embun beku. Ada baiknya menutupi mereka setiap kali suhu dingin.

Krokot yang ditanam dalam pot, bila tak ditanam ulang, dan ditanam ulang, lambat laun akan mati. Dimulai dari daun-daunnya yang tumbuh mengecil, menguning dan berguguran, batang mengempis (kandungan airnya mulai hilang), tidak mau berbunga banyak lagi, dan lama-kelamaan ujung batangnya layu dan membusuk.

Hama dan Penyakit:

  1. Kutu daun, Agas, dan serangga lainnya dapat menimbulkan masalah. Perlakukan dengan insektisida, sesuai kebutuhan. Siput dan siput juga dapat menjadi masalah.
  2. Penyakit jamur dapat terjadi. Gunakan tujuan fungisida umum dalam cuaca lembab, dan ketika masalah muncul.
  3. Batang dan akar membusuk dapat terjadi. Ini adalah masalah di tanah basah. Menghindari masalah dengan menanam di pasir, atau lainnya tanah baik pengeringan.

Manfaat Krokot:

Tanaman krokot ini mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia, batang, daun, dan bunganya dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit. Salah satunya adalah obat untuk wanita yang mengalami pendarahan saat haid yang terlalu banyak.

Selain dapat mengurangi pendarahan saat haid, tanaman krokot ini juga bisa sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit kulit, gangguan pencernaan, diabetes melitus, menurunkan demam, dan masih banyal lagi khasiat lainnya.

Daun dari tanaman krokot mengandung Omega tiga Omega tiga yang merupakan lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat.
Cara penggunaan krokot untuk dikonsumsi sebagai obat yaitu dengan cara direbus lalu diminum air rebusannya, atau bisa juga krokot dikeringkan terlebih dahulu lalu dikonsumsi seperti teh.

Source: Wikipedia, Gardenersnet

https://youtu.be/moDwP24UITE

 

Related Post