Bunga Hibiscus, Kembang Sepatu yang Menawan

Bunga Hibiscus banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Di India bunganya digunakan untuk menyemir sepatu dan sebagai bunga persembahan. Bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan oleh masyarakat Cina. Di Indonesia sendiri, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga dapat diminum sebagai teh.

Pada umumnya tinggi tanaman dapa mencapai sekitar 2 sampai 5 meter. Daun kembang sepatu berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis, tamanam ini berbunga sepanjang tahun. Sedangkan di daerah subtropis, berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Bunga Hibiscus terdiri dari 5 helai daun kelopak serta dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx). Ini membuat bunganya terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih pad bunga jenis hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dan dikelilingi tangkai benang sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji kembang sepatu terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

hibiscus

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Bibit Bunga Hibiscus

Bibit kembang sepatu bisa diperoleh dengan dua cara, yakni stek dan cangkok. Jika melalui stek batang bisa langsung di potong miring dan ditancapkan ke tanah. Untuk mempercepat perakaran dan pembusukan batang maka dapat diberikan hormon perangsang akar.

Untuk  mencangkok tanaman ini pilihlah batang yang bagus, lurus, dengan diameter diatas 2 cm. Kupas kulitnya dan bersihkan sampai lendirnya hilang semua. Biarkan mengering selama sehari dan bersihkan lagi. Bungkus sayatan batang dengan media tanam porous dan plastik. Berilah sedikit air sedikit kemudian ikat kedua ujungnya dengan kuat. Buatlah lubang-lubang kecil untuk menyiramnya. Siramlah dengan air secara teratur jangan sampai media cangkok mengering. Tunggulah sampai keluar akar lalu potong dan tanam di tempat yang sudah disediakan.

kembang sepatu

Menanam Bunga Hibiscus

Buatlah lubang tanam di pekarangan pada tempat yang terkena sinar matahari. Galilah sedalam 20-30 cm dengan diameter 20-30cm. Campurlah tanah galian dengan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1. Masukkan bibit cangkok kembang sepatu yang sudah dibuka plastiknya ke dalam lubang tersebut beserta medianya.

Timbunlah dengan media tanam yang telah dipersiapkan tadi. Padatkan tanah dengan tekanan sedang lalu siram dengan air supaya tanah lembab. Tanaman yang baru dipindahkan dapat diberi penopang jika diperlukan.

Jika menanam stek batang maka persiapkan pot untuk menanam stek. Tancapkan lurus keatas dengan kedalaman 20-30 cm dan padatkan tanah sekitarnya. Sebelum daun dan akar tumbuh sebaiknya ditempatkan di tempat teduh. apabila sudah tumbuh sekitar 5-10 daun, tanaman dapat dipindahkan ke tempat yang diinginkan.

Merawat Bunga Hibiscus

Perawatan kembang sepatu cukup mudah. Berikan penyiraman rutin selama 1 minggu pertama. Setelah muncul pucuk daun yang cukup baik dan sudah masuk masa tanam 1 bulan berikan pupuk kompos/kandang atau urea sekitar 50 gr/tanaman. Berikan pupuk sebulan sekali sampai umur 3 bulan. Setelah itu dapat diberikan pupuk bunga untuk merangsang pembungaan. Lakukan juga penyiangan dan penyiraman jika dirasa perlu.

Hama alami untuk kembang sepatu meliputi: tungau laba-laba, agas jamur, shoreflies, thrips, skala salju, serangga tepung, lalat putih, kutu daun dan ulat bulu. Pada dasarnya, apapun yang menghisap atau memakan dedaunan.

hibiscus

Manfaat Bunga Hibiscus

  1. Mengeluarkan racun. Kelopak bunga sepatu kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun.
  2. Kesehatan kulit. Gosokkan kelopak bunga sepatu di wajah dan leher. Minyak bunga sepatu bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit halus.
  3. Menurunkan berat badan. Bunga sepatu juga dapat mengurangi lemak dan mengurangi kalori yang terakumulasi di dalam tubuh.
  4. Memperbaiki suasana hati. Anda dapat mengonsumsi teh bunga sepatu yang mampu membuat perasaan menjadi lebih tenang.
  5. Penambah energi. Teh bunga sepatu ternyata dapat meningkatkan energi Anda. Hal ini penting untuk revitalisasi energi.
  6. Pereda demam.  Mengonsumsi teh bunga sepatu, kandungan vitamin C-nya dapat membantu melawan virus penyebab pilek.