Kembang Kertas, Bunga Zinnia Awet Cantiknya!

Bunga zinnia atau kembang kertas memiliki varian warna bunga yang bermacam-macam. Ada zinnia yang memiliki bunga berwarna pink cerah, oranye bahkan pink pudar atau cenderung putih susu. Bentuk bunganya melingkar hasil dari susunan kelopak-kelopak bunganya. Daun zinnia berukuran kecil dan memiliki bulu-bulu halus pada permukaannya. Dan, zinnia dapat tumbuh di daerah tropis dengan sangat baik.

Kembang Kertas ini termasuk tanaman yang sangat mudah dalam perkembangbiakannya. Bahkan jika bijinya ditebar begitu saja di tanah, maka bunga zinnia tetap dapat tumbuh. Namun, jika ditanam seperti itu, pertumbuhan zinnia tidak akan teratur. Seperti batangnya menjadi melengkung dan bahkan zinnia yang tanpa perawatan tersebut dapat terserang hama dan penyakit tanaman dengan mudah. Daunnya dapat cepat layu dan terdapat lubang-lubang karena digerogoti oleh hama. Untuk itu, perawatan dibutuhkan agar zinnia ini dapat tumbuh dengan baik dan batangnya pun sehat.

kembang kertas
Kebun penuh kembang kertas

Menanam Kembang Kertas

Untuk cara menanam bunga zinnia sendiri cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan biji kembang kertas dalam posisi tertidur ke dalam pot atau media persemaian. Dalam jangka waktu 3 sampai dengan 7 hari, biji zinnia akan mulai tumbuh dan memiliki 2 helai daun muda. Saat yang bagus untuk memindahkan zinnia muda ke media tanam yang lebih besar.

Namun jangan tumbuh hingga daun berjumlah 4 helai, karena menurut pengalaman kami ketika zennia dipindahkan akan membuat batang tidak lurus (bengkok) sehingga akan merusak keindahannya.Setelah tanaman dipindah, anda hanya perlu menunggu kurang lebih 1 bulan hingga zinnia tumbuh besar dan menghasilkan bunga-bunga yang indah.

  • Zinnia ditanam dari biji; mereka tumbuh sangat cepat dalam kondisi yang tepat. Zinnias tidak suka untuk ditransplantasikan/dipindah.
  • Sinar matahari penuh sangat penting dengan suhu siang hari
  • Zinnia beradaptasi tetapi lebih subur pada tanah berdrainase baik kaya humus di preferensi pH 5,5-7,5.
  • Jika tanah diubah dengan kompos, bunga akan tumbuh lebih cepat.
  • Menabur benih pada kedalaman ΒΌ inci.
  • Berikan tanaman ruang 4 sampai 24 inci terpisah tergantung tinggi tanaman.
  • Perkecambahan terjadi pada dalam 5 sampai 7 hari.
Varian warna zinnia

Memelihara Bunga Zinnia

Jika perawatan bunga zinnia ini dilakukan secara rutin, dalam jangka waktu 1 bulan saja anda sudah bisa melihat bunga zinnia yang indah. Namun biasanya bunga terbaik akan tumbuh pada bulan kedua sejak zennia dipindahkan ke media tanam.

  • Supaya bunga zinnia tumbuh sempurna, berikan pupuk kandang secara rutin, 2 minggu sekali
    Lakukan penyiraman bunga zinnia pada pagi dan sore hari dengan air bersih, namun jangan menyiram daunnya karena akan membuat bunga menjadi roboh
  • Jangan berikan pestida pada zinnia, hal ini hanya akan mempercepat usia dari bunga zinnia saja
    Jika bunga zinnia ditanam pada di taman, beri jarak sekitar 5 inchi agar pertumbuhan antar zinnia tidak terganggu
  • Potong cabang bunga zinnia yang kurang bagus pertumbuhannya, tujuan agar pertumbuhan bunga tidak terganggu dan untuk menjaga penampilan zinnia
  • Jangan membiarkan zinnia terkena cahaya matahari secara penuh. Jika ditanam dalam pot, biarkan zinnia terkena cahaya matahari hanya pada pagi dan sore hari saja.
  • Menyiram secara teratur sangat dianjurkan. Pagi dan sore hari adalah dua waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman pada si zinnia.
  • Jika dibiarkan, batang-batang bunga zinnia dapat melengkung dengan sendirinya. Ini karena batang-batang tersebut berusaha menemukan sumber cahaya matahari. Untuk menjaganya tetap lurus, anda dapat menggunakan batang kayu untuk menyangganya.
  • Segera potong cabang zinnia jika cabang yang tumbuh dalam jumlah yang berlebihan. Terlalu banyak cabang akan membuat zinnia terlihat kurang teratur dan bunganya tidak dapat mekar dengan sempurna

Hama Kembang Kertas

  • Ulat, kutu putih, dan tungau laba-laba juga menimbulkan masalah. Hindari penyemprotan dan mentolerir beberapa kerusakan daun kecuali situasi tidak terkendali.
  • Bintik bakteri dan jamur, embun tepung , layu bakteri. Meminimalkan pembasahan dari dedaunan untuk menghindari penyakit.

Source: Flowerian;