Jenis Sirih yang Umum di Indonesia

Selain daun sirih hijau yang sudah sangat dikenal dan banyak manfaatnya, ternyata ada jenis daun sirih lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai jenis daun sirih:

Sirih Hitam

Mungkin ini agak jarang kita dengar namun daun sirih hitam ini masih satu keluarga dengan daun sirih merah dan daun sirih hijau. Sesuai namanya, daun ini memiliki warna hitam, mulai dari batang hingga akarnya. Daun sirih hitam memiliki bentuk waru dan lebih bulat dari sirih merah dan sirih hijau. Banyak orang yang mengaitkan daun sirih hitam dengan hal – hal mistis. Sirih hitam adalah salah satu jenis sirih yang memiliki banyak manfaat, sirih hitam ini memiliki ciri daun yang hitam meski telah mengalami proses pengeringan.

Sirih Merah

Daun sirih merah yang nama latinnya Piper Ornatum merupakan daun sirih yang didominasi oleh warna merah. Mungkin kita jarang menemukan daun sirih merah disekitar kita karena kebanyakan yang ada adalah daun sirih hijau. Kita dapat menemukan daun sirih merah ini di hutan.

Jika sirih silver biasanya hanya digunakan sebagai obat obatan, sedangkan sirih hitam banyak digunakan sebagai bahan pengobatan. Maka sirih merah ini memiliki 2 fungsi tersebut. Sirih merah adalah sirih yang banyak digunakan untuk hiasan dirumah dan juga dimanfaatkan sebagai pengobatan.

Sirih Putih

Sirih putih adalah tumbuhan sirih yang memiliki daun hijau dan bertotol warna putih. Daun sirih putih memiliki warna putih yang ketika tua akan hilang dan digantikan warna hijau. Daun ini biasanya dimanfaatkan sebagai syarat ritual.

Sirih Hijau

Sirih hijau merupakan jenis tanaman yang merambat. Memiliki kandungan propana, estragol dan hydrosykavicol. Daunnya menyerupai bentuk hati.

Sirih Wulung

Sirih wulung adalah daun sirih yang tergolong langka. Sirih wulung disebut juga dengan sirih Kraton, ciri ciri utamanya adalah munculnya warna ungu dari daun ketika daun tersebut dipancari dengan sinar senter dari bawah.

Sirih Perak

Jika sirih biasanya digunakan sebagai tanaman obat maka sirih yang satu ini memiliki fungsi yang berbeda di Indonesia, yaitu sebagai tanaman hias.

Sirih Philipin

Sirih ini merupakan salah satu sirih yang langka, cirinya mirip dengan sirih merah. Yang membedakan adalah bagian bawah dari sirih philipin ini tidak berwarna merah.

Sirih Gading

Sirih gading sering juga disebut dengan sirih kuning atau sirih belanda. Jadi tidak ada perbedaan antara sirih gading dan sirih belanda. Sirih ini meiliki penampakan yang mirip dengan sirih hijau bedanya warnanya lebih muda dan menjurus ke warna kuning seperti pupus daun.

Tanaman Sirih Belanda di toko tanaman hias banyak dijual dengan harga Rp 7.500- Rp 15.000 per kantong ( tergantung ukuran tanaman). Harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat di Indonesia.

Sirih Jalu

Jika sirih gading memiliki warna kuning di seluruh daunnya, sirih jalu memiliki warna kuning di sekitar pangkal dan tengah daunnya sehingga menambahkan kecantikan dari tanaman sirih ini.

Sirih Irian

Disebut juga dengan sirih lalapan karena jenis sirih ini banyak digunakan sebagai lalapan. Sirih ini memiliki ciri daun yang lebar

Sirih Hati

Berkebalikan dengan sirih irian yang memiliki daun yang lebar, sirih hati merupakan sirih yang bisa dianggap sebagai sirih terkecil. Hal ini disebabkan karena batang dan daun yang dimiliki sirih ini sangat kecil hanya seukuran uang koin 100 rupiah.

1 komentar untuk “Jenis Sirih yang Umum di Indonesia”

Komentar ditutup.