Begonia, Bunga Indah Berdaun Menawan

Begonia adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang indah dan daunnya yang menawan. Keunggulan lainnya adalah tanaman ini mudah dirawat baik untuk tanaman dalam ruangan ataupun tanaman diluar ruangan. Singkatnya, tanaman ini yang merupakan tanaman yang mengagumkan. Ada beberapa jenis begonia yang menarik untuk dimiliki.

Begonia adalah genus dari tanaman berbunga abadi dalam keluarga Begoniaceae . Genus berisi 1.795 spesies tanaman yang berbeda. Tanaman asli pada saerah beriklim subtropis lembab dan daerah tropis. Beberapa spesies yang biasa ditanam di dalam ruangan sebagai hias tanaman hias di iklim dingin. Dalam iklim dingin beberapa spesies yang dibudidayakan di luar di musim panas memiliki bunga berwarna-warni cerah, yang memiliki sepal tapi tidak berkelopak .

Lebih dari 1.000 spesies begonia adalah bagian dari sistem klasifikasi yang rumit berdasarkan bunga, metode perbanyakan dan daun. Beberapa begonia ditanam hanya untuk warna fantastis dan bentuk dedaunan mereka dan baik tidak berbunga atau bunga yang biasa-biasa saja. American Begonias Society menggolongkan tanaman ini kedalam beberapa jenis:

  • seperti tebu/cane-like:Cane berasal begonia yang tumbuh sebagian besar untuk daunnya yang berbentuk hati dan abu-abu-hijau.

  • berbentuk semak/shrub-like:begonia cluster kompak dan ketat daun berukuran sampai 3-inch

  • berakar umbi/tuberous: Daun mengkilap dan akan mati kembali ketika suhu turun atau perubahan musim.

 

  • berimpang/rhizomatous: daun pada begonia rimpang sensitif terhadap air dan harus disiram dari bawah.

begonia

  • berdaun lilin/semperflorens: daun halus seperti berlilin dan berwarna hijau, merah atau perunggu

  • berdaunRex: Daun hati-berbentuk dan produsen dedaunan yang paling mencolokbegonia
  • merambat/trailing-scandent
  • bertangkai tebal/thick-stemmed

 

Sebagai salah satu tanam favorit, begonia sangat cocok untuk dimiliki. Pertimbangkanlah untuk menananm begonia sebagai tanaman gantung dalam ruangan atau tanaman dihalaman rumah. meskipun sebagai jenis tanaman tahunan yang harus selalu ditanam ulang, tetapi menanam begonia cukp mudah dan memuaskan.

Ada dua jenis begonia yaitu tanaman yang tumbuh dari biji dan tanaman yang ditanam dari umbi. Jenis begonia yang berasal dari biji cenderung lebih kecil dan sulit untuk ditanam dan ditumbuhkan. Sedangkan jenis begonia yang berasal dari umbi lebih besar dan kuat. Kedua varietas tanaman dapat memiliki warna yang beragam, mulai dari pink, putih, ungu, kuning dan merah. Umbi dan biji begonia bersifat tahunan, meski dapat disimpan untuk segera ditanam kembali. Jika anda tergesa-gesa dan tidak sempat menanam sendiri dari biji, carilah tanaman yang bibit dari nursery disekitar anda.

Lokasi Tanam Begonia

Begonia merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang dapat ditanam di luar ruangan juga didalam ruangan. Tanaman ini membutuhkan naungan yang cukup. Sangat cocok untuk koleksi tanaman hias anda. Bila akan menanamnya dalam pot dalam rumah, arahkan pot menghadap jendela sehingga mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Alterantifnya, arahkan menuju ka arah cahaya lampu atau cahaya lainnya yang memadai. bila akan ditanam diluar ruangan, tempatkan tanaman pada area yang mendapat naungan, tanaman ini tahan sedikit cahaya matahari tetapi hindarkan cahaya yang langsung menyengat. Bila terpaksa tanaman ini juga dapat tumbuh dengan cahaya lampu tetapi tidak optimal.

Media Tanam Begonia

Media tanam untuk tanaman ini dapat tumbuh paling baik adalah tanpa tanah biasa. Campurkanlah 2/3 sekam, atau peat dan 1/3 media tanam tanpa tanah. Kalau terpaksa tanah juga dapat digunakan. Tanaman ini sangat menyenangi kedaan asam dan drainase yang baik. Media yang cocok adalah peat moss, cocopeat atau sekam. Jika sanagt terpaksa menggunakan tanah biasa, berilah peat atau sekam yang cukup sehingga tanaman dapat tumbuh baik.

  1. Sebelum menanam pada peat moss, rebuslah media pada air mendidih kemudian biarkan dingin dan tiriskan sebelum ditanami
  2. Gunakan campuran pupuk seimbang 20-20-20 berbentuk cair untuk menambahkan nutrisi bagi begonia.

 

Related Post