Hortensia | Hidrangea

Hydrangea adalah tanaman hias populer, yang ditanam untuk mahkota bunganya yang besar. Spesies jenis Hydrangea macrophylla menjadi yang paling banyak ditanam dengan lebih dari 600 kultivar , banyak dipilih untuk karena memiliki bunga besar. Beberapa cara menanam hidrangea terbaik adalah dengan dipangkas secara tahunan ketika tunas daun baru mulai muncul. Spesies lain hanya berbunga pada batang yang sudah berubah jadi kayu. Sehingga batang baru yang dihasilkan dari pemangkasan tidak akan menghasilkan bunga sampai musim berikutnya.

Hydrangea berkembang dalam tanah yang lembab, tetapi tidak tergenang, ditanam cukup dalam, lebih senang pada bagian teduh pada taman. Cobalah untuk penanaman hidrangea dengan menghindari bagian taman yang menghadap ke timur, di mana angin  dapat merusak pertumbuhannya, dan juga menghindari, bintik-bintik coklat pada daun.

Berilah banyak bahan organik ke dalam tanah sebelum penanaman, dan setelah tanam dan di tahun-tahun berikutnya berilah bahan organik sebagai pupuk . Hydrangea dapat diberi nutrisi setiap tahun jika perlu dengan pupuk di akhir musim.  Terlalu banyak nutrisi dapat mendorong pertumbuhan menjadi berdaun terlalu lembut, dengan tanaman kurang mengembangkan kuncup bunga.

Salah satu kebiasaan yang paling menarik dari beberapa hydrangea adalah kemampuan bunga untuk berubah warna. Tidak semua hydrangea, tetapi paling sering terlihat di mophead dan lacecap yaitu kultivar Hydrangea macrophylla . Perubahan Warna juga dapat dilihat di bunga lain seperti H. involucrata dan H. serrata

pink blue hidrangea

Perubahan warna ini disebabkan oleh pH tanah yang mempengaruhi ketersediaan aluminium. Dengan bunga biru atau merah muda cenderung biru dalam kondisi asam tanah (tingkat aluminium tinggi), ungu muda dalam asam untuk kondisi tanah yang netral, dan merah muda dalam kondisi basa. Untuk mendapatkan warna bunga terbaik, pilih kultivar yang memberikan warna terbaik untuk pH yang bersangkutan.

Kultivar dengan bunga biru dapat diperoleh dengan penanaman hidrangea di tanah asam (pH 4,5-5), atau dengan mengasamkan tanah . Dimana menjaga hydrangea tidak andal biru penggunaan ‘hydrangea senyawa membirukan’ sesuai dengan instruksi produsen. Senyawa ini mengandung aluminium sulfat dan tersedia dari sebagian besar pusat-pusat taman. Jika tanah sangat alkali , atau jika ada kapur jelas di dalam tanah, perawatan ini tidak akan bekerja, tapi bisa sangat efektif untuk tanaman kontainer-tumbuh.

Jika Anda ingin meningkatkan kadar warna bunga merah atau pink, ganti media dengan penambahan kapur pada tingkat 75-100g per meter persegi.

Menanam Hidrangea

  • Kebanyakan hydrangea tumbuh pada tanah yang kaya nutrisi, berpori, tanah agak lembab. Untuk menanam hidrangea tambahkan kompos untuk menyuburkan tanah miskin hara.
  • Mereka lebih suka matahari di pagi hari, dengan beberapa naungan sore; Namun, banyak jenis yang akan tumbuh dan mekar di tempat teduh parsial. Hal ini terutama berlaku untuk hydrangea dengan daun lebar.
  • Galilah dan buatlah lubang sedalam bola akar dan 2 sampai 3 kali lebih lebarnya.
  • Aturlah tanaman dalam lubang dan isilah dengan tanah setengahnya.
  • Siramlah dengan air kemudian tutup lubang dengan tanah sampai penuh.
  • Siramlah air dengan semuanya
  • Berilah jarak tanam antara 60cm sampai 1 meter.

hidrangea

Memelihara Hidrangea:

  • Untuk musim pertama atau dua  musim setelah tanam dan selama kekeringan, pastikan hydrangea mendapatkan cukup air. Daun akan layu jika tanah terlalu kering.
  • Jika tanah Anda kaya nutrisi, tidak perlu dipupuk. Jika tanah Anda adalah ringan atau berpasir, yang terbaik untuk memberi makan tanaman setahun sekali n akhir musimp. Terlalu banyak pupuk mendorong pertumbuhan berdaun lebat dengan mengorbankan mekarnya bunga.
  • tutuplah tanaman dengan peneduh pada musim panas yang terlalu menyengat

Pemangkasan Hidrangea:

  • Secara umum, pemangkasan hanya dilakukan untuk cabang mati, dan tidak memangkas untuk merimbunkan daun menjadi semak-semak.
  • H. macrophylla , serta H. paniculata dan H. quercifolia dipangkas setelah bunga memudar.
  • Kuncup bunga sebenarnya terbentuk di akhir musim panas dan bunga setelah musim berikutnya, sehingga menghindari pemangkasan.
  • Hanya memotong kayu mati di awal musim hujan.
  • Untuk memangkas, memotong satu atau dua yang tertua batang bawah ke dasar untuk mendorong bercabang.
  • Jika tanaman sudah tua atau diabaikan atau rusak, pangkas semua batang pangkal bawah.
  • Sebaiknya tidak memotong bunga yang telah layu pada musim hujan.

Secara umum, memangkas hanya cabang mati, dan tidak memangkas untuk “bentuk” semak-semak.

Source: Wikipedia, RHS, Almanac

Related Post