Ciplukan, Buah Berry Emas

Ciplukan atau disebut groundcherry atau goldenberry adalah buah kecil yang berwarna kuning didalam pembungkus seperti kertas yang berbentuk lentera. buah ciplukan akan jatuh ke tanah ketika matang. itulah mengapa disebut groundcherry. Penanaman goldenberry cukup mudah, apabila bisa menanam tomat dan cabai maka dapat menumbuhkan tanaman ini juga.

Selain bentuk dan ukuran, buah ciplukan tidak ada hubungannya dengan buah cherry. Buah ini lebih dekat kepada keluarga terong-teronganmisalnya tomat, kentang maupun terong. Buah ciplukan memiliki rasa yang khas yaitu manis sedikit seperti nanas, tetapi pahit ketika belum matang.Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (Sd.), nyurnyuran (Md.), dan kopok-kopokan (Bl.). Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.

Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional. Para petani menganggap, ciplukan buah yang tak bisa dimakan. Jadi seringkali jika muncul tanaman itu dikebun, malah ditebang dan dibuang. Padahal, sekarang ini harga ciplukan terbilang sangat mahal, 1 Kilogram saja Rp 500 ribu.

Ciplukan juga sudah dijual di supermarket. Pantas saja harganya selangit. Banyak yang mulai melirik usaha penanaman goldenberry atau ciplukan ini. Khasiat dari ciplukan juga banyak. Ciplukan mengandung Vitamin A yang sangat tinggi. Seperti dilansir dari Livestrong.com,  100 gram buah ciplukan mengandung 720 unit vitamin A. Angka itu berarti mampu memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin dalam tubuh kita dalam sehari.

Selain itu, ciplukan juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini diperlukan bagi tubuh untuk menyerap zat besi dan membantu dalam pembentukan kolagen. Ciplukan juga bisa untuk mengobati diabetes melitus dan sebagai asupan kalori. Untuk 1 gram ciplukan mengandung 53 kalori dan satu gram lemak.

Penanaman Goldenberry

Penanaman Goldenberry:

  • Ciplukan membutuhkan sinar matahari penuh dan suhu hangat atau panas, seperti tomat.
  • Tanaman ini mudah tumbuh dari biji dan membutuhkan waktu 60 -65 hari sampai menjadi tanaman dewasa
  • Tanaman ini memiliki bentuk cukup menarik sehingga cocok untuk ditanam disekitar halaman maupun pagar pembatas.
  • Ruang yang dibutuhkan adalah 60-90 centimeter dan dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 50cm dan tanpa butuh tambahan penyangga.
  • Tanaman ini dapat memperbanyak diri dan tumbuh dari biji yang jatuh disekitarnya. Mereka juga tumbuh dalam pot dengan perawatan yang sama.

Goldenberry Folwer

  • Ciplukan yang rentan terhadap semua masalah yang sama terhadap tomat dan tanaman tomatillo. Ini termasuk cutworms, tungau laba-laba,dan lainnya.
  • Siramlah tanaman secara teratur pada musim kemarau dan pupuklah seperti melakukan pemupukan pada tanaman tomat dan terong.

Goldenberry

Pemanenan Goldenberry:

  • Tunggulah sampai buah terebut jatuh sendiri di tanah karena telah matang. tidak perlu dipetik dengan tangan karena buah yang masih ada di tanaman cenderung belum matang.
  • Bungkus buah akan berubah menjadi kecoklatan yang menandakan buah hampir matang. dan apabila dipegang akan terlihat ada buah didalamnya.
  • Ukuran buah seukuran blueberry dan dapat disimpan pada wadah yang kering

Groundcherry

Manfaat Goldenberry

  1. efek antioksidan
  2. efek protektif Kanker
  3. bakteri counter
  4. efek pelindung ginjal
  5. efek pelindung hati
  6. menurunkan demam
  7. Menurunkan gula darah
  8. Memodulasi fungsi kekebalan tubuh
  9. mengurangi peradangan
  10. manfaat penurunan berat badan

Source: northernhomestead, thedigin

Baca Juga Ya Gaess...

Menanam Pohon Untuk Naungan
views 5
Jika saat ini Anda mencoba menanam pohon untuk menaungi kebun Anda, Anda mungkin menginginkan sesuatu yang tumbuh sangat cepat dan memberikan banyak ...
Lithops the Living Stone
views 215
Lithops atau Living Stone adalah tanaman yang bentuk, ukuran dan warna menyebabkan mereka kelihatan seperti batu-batu kecil dalam lingkungan alam mere...