Cara Stek Bunga Mawar yang Paling Mudah

Cara stek bunga mawar membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi cukup mudah dilakukan. Bila Anda tidak memiliki batang sempurna untuk dipotong, pastikan Anda memilih tangkai yang sehat dan akan mudah menumbuhkannya

Mawar tumbuh paling baik di iklim hangat dan lembab. Inilah sebabnya mengapa negara tropis atau dalam rumah kaca adalah lingkungan yang ideal. Menanam mawar di rumah kaca menjaga tanaman mawar Anda aman dari hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman Anda. Anda tidak harus memiliki rumah kaca untuk menumbuhkan bunga mawar, tetapi Anda harus menghasilkan lingkungan yang sama agar bisa tumbuh dengan baik.

Ketika Anda melihat mawar di rumah kaca, mereka biasanya tumbuh dari stek. Metode ini berarti mawar ditanam dari potongan batang. Anda akan memotong batang dari tanaman mawar yang saat ini Anda miliki, dan kemudian menggunakannya untuk menghasilkan semak mawar baru.

Memilih Batang Stek Bunga Mawar

Saat mencari batang untuk digunakan, pilihlah batang yang sehat yang bebas dari serangan serangga, dan bebas dari penyakit jamur yang menyerang semak mawar.Temukanlah satu yang memiliki setidaknya satu mata tunas yang sepertinya siap tumbuh.. Cobalah untuk menjauh dari batang yang terlihat lebih tua, atau terlihat memudar. Anda juga harus berhati-hati agar tidak memilih batang terlalu muda. Batang muda tidak punya cukup waktu untuk tumbuh cukup kuat untuk bertahan hidup setelah Anda memotong tanaman ini.

Carilah batang yang memiliki beberapa daun yang melekat padanya, karena ini akan membantu stek mawar baru Anda berakar jauh lebih cepat. Tanda daun akan menunjukkan kepada Anda bahwa batangnya cukup sehat sehingga masih ada kehidupan di dalamnya. Daun membantu memproses sinar matahari dan energi untuk memberi makan tanaman. Daun yang melekat berarti memiliki nutrisi di dalamnya.

Akar pada stek bunga mawar mungkin memakan waktu sekitar satu bulan untuk mulai tumbuh, sehingga tidak dapat menarik air dari tanah. Membasahi tanaman Anda akan memberinya air, cukup sehingga dapat mulai tumbuh.

Cara Stek Bunga Mawar

stek bunga mawar

1. Potong batangnya

Potong batang di atas kuncup di bagian atas menggunakan gunting rambut, ambilah stek dengan panjang 200mm. Lepaskan ujung pucuk dan tinggalkan satu daun di bagian atas, lepaskan daun yang lebih rendah.

stek bunga mawar

2. Oleskan dengan hormon akar

Celupkan pangkal stek ke bubuk hormon akar dan buang kelebihannya, atau oleskan sedikit madu dengan jari Anda. Madu berfungsi karena mengandung asam amino dan faktor pertumbuhan.

stek bunga mawar

3. Tanam dalam pot

Tanam stek dalam pot, taruh di tempat teduh dan jaga agar campuran tetap lembab. Beberapa minggu kemudian tarik stek dengan hati-hati untuk memeriksa apakah sudah berakar. Untuk menghemat tempat hingga empat dalam pot 200 mm.

Mengatur Kelembaban Stek Bunga Mawar

Anda dapat menghasilkan efek rumah kaca sendiri di rumah, dengan menggunakan tas Ziploc besar untuk menaruhnya. Manfaat utama menggunakan sungkup plastik ini adalah Anda bisa memonitor jumlah kelembaban dan udara yang didapat. Mempertahankan tingkat kehangatan yang Anda dapatkan biasanya bukan masalah, dan beberapa petani yang berhasil memotong mawar bahkan menggunakan alas plastik untuk membantu prosesnya.

Sinar matahari penting untuk stek bunga mawar Anda, tetapi mereka mungkin hanya membutuhkan sekitar empat jam sinar matahari sehari. Setiap mawar berbeda, dan stek bunga mawar tidak butuh sinar matahari sebanyak mawar induknya. Pastikan mereka hanya mendapatkan apa yang mereka butuhkan, karena tanaman dapat kering dan akan membunuhnya.

Menanam stek bunga mawar memang membutuhkan kesabaran dan perhatian, jadi pastikan Anda memahami beberapa ilmu di baliknya sebelum memulai. Menumbuhkannya bisa sangat menyenangkan, tetapi dengan memotong mawar, Anda perlu menginvestasikan lebih banyak waktu.

Baca Juga Ya Gaess...

Anggrek Termasuk Jenis Tumbuhan Apa?
views 180
Anggrek atau Orchidaceae merupakan tumbuhan berbunga yang memiki spesies terbanyak. Jenis anggrek tersebar luas dari mulai wilayah tropika basah samp...
Calathea Roseopicta, Calathea Mawar Yang Lagi Tren...
views 14
Calathea roseopicta, juga dikenal sebagai Calathea motif mawar, adalah tanaman calathea berdaun besar yang menakjubkan. Calathea secara selektif dibe...