Calathea Roseopicta, Calathea Mawar Yang Lagi Trend

Calathea roseopicta, juga dikenal sebagai Calathea motif mawar, adalah tanaman calathea berdaun besar yang menakjubkan. Calathea secara selektif dibesarkan ke dalam banyak pola daun yang berbeda yang semuanya dikenal dengan nama yang berbeda (seperti Calathea medali, Calathe gerhana, Calathea macan, Calathea merak dan lainnya), yang berarti ada banyak varietas untuk dipilih.

Calathe sangat menarik karena mereka membentuk rumpun yang menawan. Mereka juga tanaman yang menarik ditampilkan di balkon dan teras ketika suhu cukup hangat. Daun Calathea Roseopicta berbentuk elips hijau menampilkan garis-garis berwarna merah muda dari pelepah. Pelepah ini juga berwarna merah muda, meskipun ini dan garis-garisnya akan berubah putih ketika tanaman matang. Daun-daun ini akan tampak menggulung ketika waktu malam tiba. Daunnya tumbuh di bagian atas batang dan tingginya mencapai 30 cm.

Bunga Calathea roseopicta akan mekar selama musim panas dengan bunga putih dan ungu kecil yang tidak mencolok, tetapi masih bagus untuk dilihat.

Dua faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memajang tanaman ini adalah tidak menempatkannya di dekat angin dingin atau di bawah sinar matahari langsung. Menampilkan di dalam ruangan teduh tempat Anda dapat menempatkan tanaman pada ketinggian dengan meja akan memungkinkan Anda memamerkan kedua sisi daun.

Perawatan Calathea Roseopicta

Calathea roseopicta secara alami ditemukan di hutan hujan di Amerika Selatan, yang memberi kita beberapa petunjuk perawatan yang baik untuk diingat ketika menanam tanaman ini di rumah.

Kebutuhan Cahaya

Tanaman Calathea Roseopicta tidak dapat menerimai sinar matahari langsung dan perlu ditempatkan di tempat yang menerima cahaya terang tetapi tidak langsung. Ini sering dipasarkan sebagai tempat yang cocok untuk lokasi yang sangat gelap tapi sayangnya ini sedikit mitos.

Meskipun Calathea roseopicta mungkin bertahan di lokasi dengan sedikit cahaya, ia tidak akan berkembang atau sulit menumbuhkan daun baru.

calathea roseopicta
calathea roseopicta

Lokasi Penanaman

Saat memilih lokasi untuk Calathea roseopicta Anda, ada beberapa faktor yang perlu diingat. Kebutuhan pencahayaannya berarti menghargai ditempatkan di dekat jendela yang tidak menerima sinar matahari langsung.

Karena suka banyak kelembaban, ia akan menyukai tempat di dapur atau kamar mandi, yang seringkali sedikit lebih lembab daripada bagian lain rumah Anda.

Media dan Cara Menanam

Saat menyatukan campuran tanah untuk Calathea roseopicta Anda, penting untuk diingat bahwa tanaman ini menyukai tanah yang agak lembab tetapi tidak tergenang. Berarti Anda membutuhkan campuran yang menahan air tetapi juga memungkinkan kelembaban berlebih mengalir dengan cepat.

Sebagian besar sumber merekomendasikan tanah gambut yang dicampur dengan sekitar 1/3 sekam bakar untuk meningkatkan drainase. Ini berfungsi baik untuk tanaman, tetapi sayangnya gambut bukan bahan pot yang mudah didapat. Anda dapat mencoba menggunakan sabut kelapa sebagai gantinya.

Apabila menanam dengan pot,sebaiknya dengan pot plastik berlubang, Lubang-lubang di bagian bawah memungkinkan air berlebih mengalir sementara bahan plastik mencegah tanah mengering sepenuhnya.

calathea roseopicta
calathea roseopicta

Penyiraman Calathea roseopicta

Mungkin agak sulit untuk menemukan keseimbangan yang tepat, karena tanaman ini menyukai tanah yang lembab tetapi benci berdiri di lapisan air. Selama musim tanam, cobalah menyiram sedikit beberapa kali seminggu segera setelah bagian atas tanah mengering. Selama musim hujan ketika tanaman mengeluarkan sedikit atau tidak ada pertumbuhan baru Anda dapat mengurangi frekuensi penyiraman.

Jika Anda menyiram dengan benar tetapi masih merasa bahwa Calathea roseopicta Anda tidak tumbuh subur dengan baik, mungkin ide yang baik untuk beralih ke air suling/air mineral. Tanaman ini, seperti banyak tanaman lainnya, peka terhadap mineral dalam air keran kami.

Pemupukan Calathea roseopicta

Anda dapat membuahi Calathea roseopicta Anda selama musim tanam selama itu mengeluarkan pertumbuhan baru. Pupuk dasar tanaman yang diencerkan sampai setengah kekuatan harus bekerja dengan baik.

Perlu diingat bahwa ada banyak varietas yang berbeda dengan warna dan pola yang berbeda, meskipun bentuk daun akan selalu sama. Anda dapat membeli Calathea medali, salah satu varietas paling populer. Seperti tanaman doa lainnya, Calathea roseopicta harus tidak beracun bagi kucing dan anjing (dan anak-anak).