Calathea Lutea, bukan pisang lho!

Calathea lutea yang juga disebut Cuban Cigar atau Pampano. Sekilas, daun tanaman ini terlihat seperti pohon pisang, namun jika Anda perhatikan, bentuknya lebih lebar dan lebih pendek dengan tekstur daun yang lebih terlihat dengan warna hijau yang lebih cerah. Tanaman ini dapat tumbuh dari 1,8 meter sampai 3 meter. Bentuknya yang sangat indah dan tidak biasa. Ini adalah spesies yang umum ditemukan di daerah rawa dan di sepanjang sungai di zona Atlantik dan utara-tengah; pada ketinggian 0-300 meter.

Daun hijau berbentuk oval besar dan menarik, anggun ketika dipegang.  Dengan tangkai panjang yang memberi tanaman ini penampilan yang sangat tropis. Daunnya berlipat dengan latar belakang lilin yang indah, yang membuat bagian bawah daun terlihat berwarna perak. Dapat mencapai hampir 1 m panjang dan lebar sekitar 40-50cm. Bentuk daunnya memang sangat mirip seperti daun pisang.

calathea lutea

Bunganya menakjubkan, meski tidak begitu cantik menurut kebanyakan orang. Bagian ini tampak terbuat dari lilin berwarna cokelat kemerahan. Berbentuk bulat kecil itu bersarang dan saling tumpang tindih, menghasilkan susunan panjang berbentuk cerutu. Jadi calathea lutea ini sering juga disebut Cerutu Kuba.

Spesies ini akan tumbuh di bawah sinar matahari sampai setengah teduh. Tanaman hias dengan daun cantik ini dapat tumbuh dengan baik pada media pot atau pekarangan rumah Anda, di bawah naungan ataupun langsung terkena sinar matahari. Dengan keindahan daunnya, tanaman pisang calathea ini sering dijadikan pembatas taman atau sebagai penghias pekarangan rumah. Tanaman calathea lutea ditanam sebagai tanaman yang menghalangi pemandangan dari arah luar rumah atau sebagai tanaman background pada tembok. Sehingga ketika kita memandang area Taman tidak melihat tembok melainkan Backround Hijau alami dari pohon ini.

Ciri-Ciri Calathea Lutea

  • Cocok untuk iklim dataran rendah maupun dataran tinggi
  • Bisa di tanam : Pot maupun di area taman
  • Kebutuhan Sinar matahari : Sepanjang hari
  • Penyiraman : Sehari 1 kali
  • Pemupukan : Sebulan 1 kali dengan Pupuk NPK Daun
  • Media tanam : tanah biasa atau tanah humus
  • Ukuran ketika dikirim: 40 – 60cm
  • Tumbuh Tinggi sampai dengan : ( +- ) 1.5 Mtr

calathea lutea

Cara Menanam Calathea Lutea

Untuk menanamnya, Anda harus mengambil anakannya dari induk calathea lutea yang sehat. Media yang digunakan pun sebaiknya menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, sekam bakar, serta cocopeat atau serbuk kelapa yang berasal dari kulit kelapa yang sudah tua. Baru setelah itu anakan calathea ditanam ke dalam pot.

Untuk pemeliharaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air. Pemupukannya pun bisa dilakukan 6 bulan sekali, sekaligus untuk mengganti media tanam dengan yang baru.

Agar bunga calathea lebih hijau dan bagus, ada baiknya di berikan NPK atau pupuk buatan yang mengandung berbagai unsur hara, nitrogen dan fosfor biasanya NPK berbentuk cair atau padat.

calathea lutea

Agar tidak mudah mati, Anda harus rutin memangkas batangnya apabila terlihat salah satu batangnya mati. Selain itu, apabila terlihat berdebu, daunnya bisa Anda lap, lalu usahakan untuk penyimpanan tanaman ini di dalam ruangan yang dekat dengan jendela atau kaca. Secara rutin, setiap satu bulan sekali cobalah keluarkan tanaman indoor calathea Anda untuk dijemur di bawah sinar matahari pagi, dan ketika matahari sudah agak terik, masukkan kembali ke dalam ruangan.