merawat bunga lipstik

Bunga Lipstik, Cara Merawat Aeschynanthus

Aeschynanthus merupakan tanaman yang memiliki penampilan yang menarik. Pada dasarnya tanaman ini merupakan tanaman liar dan saat ini Aeschynanthus telah tersebar luas ke berbagai penjuru dunia sebagai tanaman hias dan sudah dibudidayakan sejak lama sebagai tanaman indoor yang lebih popular disebut sebagai bunga lipstik.

Terdapat sekitar 180 spesies bunga lipstik tersebar di Asia dan tentunya Indonesia. Indonesia merupakan gudang berbagai spesies bunga lipstik dunia, mereka menghuni hutan hujan lembab Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan dan beberapa pulau lainya. Aeschynanthus merupakan tanaman epifit yang pada umumnya tumbuh menempel dan merambat pada batang pohon pohon besar.

Bunga lipstik pada umumnya menyukai kondisi lingkungan dengan kelembapan yang tinggi dengan sedikit cahaya matahari namun beberapa spesies tumbuh dilokasi yang penuh dengan cahaya matahari. Akar tanaman akan menjalar dan menempel dengan kuat pada bagian batang tanaman sedangkan sulur batang akan menjuntai hingga dapat mencapai panjang tiga meter. Daun tanaman Aeschynanthus relatif kecil tergantung pada spesiesnya. Pada umunya bunga lipstik memiliki daun yang oval, bulat maupun sedikit meruncing dengan warna hijau mengkilat karena permukaan daun dilapisi oleh lilin.

Bunga tanaman ini memiliki warna yang sangat beragam, mulai dari kuning, jingga, merah, bahkanmerah pekat kehitaman. Aeschynanthus memiliki bunga seperti terompet yang muncul pada ujung sulur batang tanaman. Tanaman ini merupakan tanaman evergreen yang selalu hijau sepanjang tahun dan berbunga sepanjang tahun. Apabila musim bunga telah tiba bunga akan muncul serempak dan semarak dengan warna yang mencolok tergantung disetiap ujung sulur tanaman.

Bunga Lipstik

Cara Merawat Bunga Lipstik

Aeschynanthus speciosus sempurna sebagai tanaman gantung atau tanaman. Mereka membutuhkan kelembapan dan kehangatan yang tinggi sepanjang musim tanam, serta cahaya yang kuat, tetapi tidak langsung. Tanaman ini sangat cocok untuk rumah kaca, ruang berjemur atau konservatori. Setelah musim berakhir, potong kembali batang yang tertinggal sebagai persiapan untuk tahun berikutnya — jika tidak, akan cenderung leginess.

Cahaya

Berikan cahaya terang untuk tanaman Aeschynanthus speciosus – tetapi dengan tidak lebih dari dua atau tiga jam sinar matahari langsung sehari.

Suhu

Suhu ruangan normal cocok untuk Aeschynanthus speciosus selama kelembapan tetap tinggi. Tempatkan nampan kerikil lembab di bawah batang yang tertinggal dan tanaman yang disemprot kabut setiap hari selama periode berbunga. Humidifier bisa sangat membantu.
Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba.

Penyiraman Bunga Lipstik

Ketika Aeschynanthus speciosus sedang berbunga, sirami dengan banyak air. Di lain waktu, sirami dengan air secukupnya, cukup untuk membuat campuran lembab seluruhnya, tetapi biarkan 1 cm (0,4 inci) bagian atas mengering di antara penyiraman. Jika disimpan di tempat yang hangat dan lembab, tanaman ini tidak memiliki waktu istirahat sehingga mereka membutuhkan banyak air sepanjang tahun.
Mereka tidak boleh dibiarkan mengering saat mekar.

Pemupukan

Gunakan pupuk cair yang mengandung campuran nitrogen, fosfat, dan kalium dengan perbandingan yang sama. Terapkan dosis kekuatan seperdelapan untuk tanaman ini di setiap penyiraman.

Tanah

Aeschynanthus speciosus membutuhkan pertumbuhan yang sehat, tanah yang lembab, subur dan dikeringkan dengan baik. Tanah berpasir ringan dengan campuran gambut atau humus lebih disukai untuk tanaman ini.

Pot dan Repoting Bunga Lipstik

Karena tanaman Aeschynanthus speciosus seperti media tanam asam, lumut gambut sphagnum kasar dapat digunakan sendiri sebagai campuran pot. Yang juga cocok adalah campuran lumut gambut dengan perbandingan yang sama dan bahan-bahan seperti perlite dan vermiculite yang, jika dikemas secara longgar, memberikan aerasi yang sangat dibutuhkan di sekitar akar.
Pot atau keranjang dangkal berukuran 13 atau 15 cm (5-6 inci) adalah wadah terbaik dengan beberapa tanaman muda ditempatkan di masing-masing wadah untuk efek yang baik. Repotting dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun. Saat akar memenuhi pot, pindahkan tanaman ke dalam pot yang ukurannya lebih besar. Atau, sebaiknya, potong kembali sekitar sepertiga dan pindahkan tanaman dalam pot yang sama, tetapi dengan campuran pot segar.