Anyelir, Bunga Kerajaan

Bunga Anyelir Memiliki nama latin Dianthus caryophyllus. Nama latin dari bunga anyelir ini berasal dari salah satu Dewa Yunani. Dianthus berasal dari pemenggalan dua kata yaitu Dios yang memiliki arti Dewa Zeus, dan Anthos yang berarti bunga. Jadi bunga anyelir dianggap sebagai bunga para dewa atau bunga yang berasal surga. Nama lain bunga Anyelir adalah Carnation karena dijadikan simbol pada upacara pengangkatan raja Yunani yang bernama Coronation.

Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray’, banyak bunga bagi setiap tangkai. Meski bentuknya yang cantik, namun bunga anyelir ini memiliki aroma yang cukup menyengat dan kurang sedap untuk dicium baunya. Mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai aroma anyelir dan memilihnya menjadi aroma parfum sehari-hari.

Bunga carnation memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebagai hiasan.  Warna carnation sangat beraneka ragam, dari merah, putih, kuning, ungu, merah muda, dan oranye. Warna dari bunga anyelir ini sangat mudah untuk diubah. Cukup menggunakan pewarna makanan yang dicampurkan pada air di vas bunga.

Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Cara Menanam Anyelir

Berdasarkan habitat aslinya, tumbuhan anyelir ini dapat tumbuh maksimal di daerah yang sejuk dengan kisaran suhu celcius antara 15 hingga 25. Meskipun demikian, suhu paling ideal antara 20 hingga 30 celcius. Sama halnya, tanaman ini berada di ketinggian 1200 diatas permukaan laut dengan Ph tanah antara 6.5 hingga 7. Sebaliknya, jika tumbuhan ini ditanam pada daerah diluar sub tropis, maka tanaman ini tidak tumbuh sempurna bahkan lebih banyak mati.

Untuk mendapatkan bibit, terdapat dua cara, yakni mencari langsung ke petani bunga atau membeli bibit yang telah mengalami proses pengemasan. Keduanya mempunyai mutu yang sama dan dapat digunakan. Selanjutnya, kita dapat menyemaikan bakal tunas pada tray yang mudah dipindahkan pasca tunas telah tumbuh.

Jika tunas telah tumbuh sempurna, sebaiknya kita memindahkannya ke media lain seperti polybag, pot atau tanah secara langsung sesuai dengan keperluan. Cara menanam dan merawat bunga anyelir untuk dibudidayakan, kita dapat menanamnya di tanah langsung dengan membuat lubang dalam tanah dengan ukuran tertentu dan jarak yang tak terlalu rapat (biasanya 20 cm vertical dan 20 cm horisontal). Dengan jarak tanam ini, mereka akan mendapatkan oksigen yang cukup dan tidak mengganggu pertumbuhan masing-masing tumbuhan. Pada fase ini, kita dapat menambahkan media tanah yang dapat menyerap air dan penyedia unsur hara. Ketiganya adalah kompos, tanah, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Masukkan semuanya hingga menutupi 2/3 lubang. Adapun yang terakhir, kita dapat menyiraminya supaya tanah tertutup dengan rapat.

Perawatan Anyelir

Tumbuhan ini pada dasarnya tidak membutuhkan air yang banyak, sehingga kadar air yang melimpah, justru akan mematikannya. Tidak hanya itu, daun menjadi gerbang masuknya hama seperti cendawan. Penyiraman sebaiknya dilakukan hanya pada waktu tertentu. Kita dapat menyiramkan air pada saat pagi hari antara pukul enam hingga delapan dan pada sore hari yang hanya dibatasi dengan menyemprotkan air ke area luar tumbuhan. Mengingat, bagian tanah bawah telah menyerap air dengan kelembapannya.

Pasca dua minggu penanaman, kita dapat melihat tunas yang akan segera beranjak dewasa. Biasanya, jarak satu bulan, batang yang kokoh akan berdiri dengan beberapa helai daun mengikutinya. Selain itu, jarak 20 cm antara tumbuhan ini akan segera mengecil.

penggemburan tanah sangat diperlukan dengan cara memacul bagian luar tanah supaya air cepat teresap kedalam tanah. Pasca lima bulan dengan menerapkan semua langkah di atas, kita akan memetik hasilnya. Bunga akan tumbuh berdasarkan jenis anyelir teluki atau spray.

 

Related Post