Amaryllis, Bunga Cantik

Amaryllis atau hippeastrum, adalah bunga tropis yang berasal dari Afrika Selatan. Tumbuhan ini dapat hidup sepanjang tahun dan memiliki umbi serta biasanya bunga yang bentuknya khas. Tanaman Bakung merupakan bagian dari genus Lilium. Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah lily. Ada sekitar 110 suku dalam keluarga bakung (Liliaceae).

Umbi Amaryllis disanjung oleh para pekebun karena mudah ditanam dan ditanam kembali setelah periode tidak aktif sesaat (biasanya selama musim dingin). Anda bisa memelihara bunga amarilis dalam bedeng di kebun/taman ataupun di dalam pot. Anda bisa menanamnya pada musim semi ataupun gugur (jika Anda tinggal di negara empat musim)

Bunga Amaryllis yang besar memiliki tiga daun bunga, acapkali wangi, dan terdapat dalam berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

amaryllis

Cirikhas

  1. Amarilis juga bisa dijumpai dalam kombinasi beberapa warna.
  2. Semakin besar ukuran umbinya, semakin banyak bunga yang akan dihasilkan oleh tanaman amarilis tersebut.
  3. Simpanlah umbi amarilis di tempat yang sejuk, kering, serta memiliki ventilasi bagus sampai umbi tersebut siap untuk ditanam.
  4. Pisahkan umbi tersebut dari buah-buahan, seperti apel. Jika tidak, umbi amarilis akan menjadi steril/mandul.

Menanam Amaryllis

  1. Tanamlah umbi di tanah subur di luar atau dengan media tanah kompos dalam pot dalam ruang, kira-kira 8 minggu sebelum waktu berbunga yang Anda inginkan.
  2. Bakung adalah tumbuhan tahunan dengan tinggi 60–180 cm. Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah.
  3. Pilihlah wadah/pot yang memiliki drainase bagus. Umbi amarilis sangat sensitif jika terlalu banyak air.
  4. Amarilis lebih menyukai ditanam dalam pot, namun bisa juga ditanam dalam bedeng-bedeng kecil di area kebun/taman.
  5. Rendamlah umbi amarilis di dalam air suam-suam kuku selama 2 jam, sebelum Anda berniat menanamnya.
  6. Belilah kompos yang subur khusus untuk penanaman dalam pot di toko perlengkapan berkebun/taman terdekat. Tanah dari kebun cenderung kurang sesuai, karena drainasenya tidak cukup memadai.
  7. Letakkan umbi amarilis ke dalam pot dengan posisi akar di bawah. Masukkan tanah/media tanam ke dalam pot secara perlahan di sekitar umbi. Biarkan batang umbi, kira-kira 1/3 dari panjang tanaman, berada di atas permukaan tanah.

amaryllis

Merawat Amaryllis

  1. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk beberapa minggu pertama. Amarilis tumbuh paling baik pada suhu 21-24 derajat Celcius.
  2. Sirami umbi amarilis dengan sangat sedikit air sampai pertumbuhan batangnya mencapai ±5 cm.
  3. Putarlah dasar pot setiap beberapa minggu untuk mendorong pertumbuhan tangkai yang lurus
  4. Jika amarilis mulai berbunga, pindahkan pot ke tempat yang mendapat sinar matahari tak langsung.
  5. Bunga amarilis akan mekar lebih lama dalam suhu 18,3 derajat Celcius dibandingkan dalam suhu yang lebih panas.
  6. Siramlah bunga amarilis secara teratur, seperti yang Anda lakukan pada sebagian besar tanaman dalam ruang. Tambahkan pupuk tanaman cair setiap jangka waktu tertentu.
  7. Jika bunga mulai layu, potonglah kira-kira 2,54 cm dari umbinya. Ketika tangkai bunga layu, potonglah pada bagian pertemuan dengan umbi.

Replanting Amaryllis

  1. Mulailah menyiram tanaman dengan lebih sedikit air agar Anda lebih mudah mengangkat umbi.
  2. Pastikan Anda mengambil dan menyimpan umbi amarilis sebelum jatuhnya embun beku yang pertama, dan sebelum temperatur mencapai 10 derajat Celcius.
  3. Potonglah daun yang ada pada posisi ±5 cm di atas umbi.Ketika daun mulai menguning karena temperatur menjadi lebih dingin dan lebih sedikit penyiraman, daun-daun tersebut siap untuk dipotong.
  4. Cabutlah umbi berikut akarnya dari dalam tanah. Lakukan secara perlahan untuk menghindari kerusakan umbi.
  5. Bersihkan umbi dengan air. Keringkan lalu simpanlah di tempat yang sejuk dan kering, seperti yang pernah Anda lakukan sebelum menanamnya. Umbi tersebut harus berada di tempat sejuk dan kering selama 6 sampai 8 minggu sebelum Anda kembali menanamnya.

amaryllis

Manfaat Amaryllis

  1. Membantu menyembuhkan dan juga mengobati gejala keseleo pada tubuh anda. paling tidak, dengan menggunakan bunga amarilis ini, rasa sakit ataupun gejala keseleo yang anda rasakan bisa cepat mereda, sehingga anda tidak akan merasa kesakitan lagi.
  2. Untuk mengobati sakit gigi cuci bersih terlebih dahulu akar dari bunga bakung, lalu kemudian pijat akar tersebut, dan tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Hal ini akan membantu meredakan rasa sakit gigi anda selama beberapa waktu.
  3. Untuk melancarkan buang air cukup mengambil daun bunga bakung, kemudian mengoleskannya dengan minyak kelapa. kemudian tempelkan daun yang sudah dioleskan dengan minyak kelapa ini pada bagian sekitar kandung kemih.
  4. Untuk mengobati borok anda hanya perlu mengambil bunga bakung secukupnya, lalu tumbuk halus bunga bakung alias bunga amarilis tersebut. Setelah itu campurkan degnan sedikt air, dan peras hingga kering. Balurkan air hasil perasan tersebut pada bagian kulit yang mengalami gejala borok.

Sumber: wikihow, wikipedia

https://www.youtube.com/watch?v=M1wOKiWBCq0