6 Jenis Tanaman Untuk Kolam Koi

Sebagian besar pemilik kolam, ingin menambahkan beberapa tanaman di kolam Koi-nya, sehingga memiliki kolam yang terlihat alami dan dapat menyatu dengan taman secara keseluruhan. Namun, Koi dan tanaman air umumnya tidak cocok bersama karena Koi makan tanaman atau kemungkinan akan mengganggu tanah di mana tanaman tumbuh. Berikut adalah 6 tanaman untuk kolam koi. Perhatikan bahwa beberapa tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan membutuhkan iklim hangat untuk berkembang.

Kuping Gajah atau Talas (Alocasia Macrorrhiza)

Kuping Gajah atau Talas adalah tanaman yang biasa ditemukan di Asia Tenggara. Merupakan tanaman yang relatif besar dengan daun besar yang tumbuh dengan baik di pot besar yang ditempatkan di bagian dangkal kolam Koi, dengan pot setengah atau hampir sepenuhnya terendam. Tanaman dewasa dapat tumbuh hingga ketinggian 5 kaki atau lebih dan memiliki daun yang panjangnya lebih dari beberapa kaki. Ini akan menjadi spesimen yang bagus atau tanaman fitur di taman atau di kolam Koi Anda.

Kuping Gajah dapat dikelilingi dengan Wedelia Trilobata untuk menyembunyikan pot besar dan melembutkan tampilan keseluruhan. The Daisy Merayap memiliki bunga kuning kecil dan mudah tumbuh dengan stek batang. Cukup potong dan tempelkan ke tanah basah di pot. Mereka mudah berakar dan stek selanjutnya dapat dibuat dan dimasukkan ke dalam pot lagi. Dalam waktu singkat, Anda memiliki sampul yang bagus dari Merayap Daisy dengan bunga-bunga kuning di sekitar daun besar Telinga Gajah. Anda bisa mengganti tanaman Merayap dengan tanaman merayap lain yang cocok yang tumbuh subur di tanah yang lembab.

Pandan (Pandanus Amaryllifolius)

Tanaman pandan yang harum umumnya ditemukan di Asia Tenggara dan merupakan tanaman yang baik untuk tumbuh di kolam Koi Anda. Ini dapat ditanam di tanah atau di air (hidroponik), sehingga membuatnya cocok untuk kolam Koi. Tanaman pandan mudah tumbuh, menyerap nitrat dari air. Daunnya bisa dipanen setiap beberapa bulan. Daunnya mengeluarkan aroma yang harum dan digunakan secara luas sebagai penyedap masakan Asia Tenggara. Percaya atau tidak, daunnya juga bisa digunakan sebagai pembasmi kecoak! Tidak ada bahan kimia buatan, semuanya alami.

Tanaman Untuk Kolam Koi
Pandan, Tanaman Untuk Kolam Koi

Dwarf Papyrus (Cyperus Haspen)

Tanaman kerdil kerdil bukan salah satu favorit saya meskipun saya memiliki ini tumbuh dari pot yang setengah terendam di kolam Koi saya. Alasannya adalah bahwa batang atau daun yang matang akan terkulai ke dalam air ketika tanaman muda tumbuh dari sekelompok kepala bunga kecil di bagian atas batang. Karena itu diperlukan pemangkasan rutin untuk menghilangkan batang atau daun yang lama agar tanaman terlihat rapi dan rapi. Saya pikir itu akan terlihat bagus jika ditanam padat di sisi kolam, bukan di pot terisolasi di kolam saya.

Tanaman Payung (Cyperus Alternifolius)

The Umbrella Plant adalah tanaman air seperti terburu-buru dengan dedaunan disusun pada batang seperti tulang rusuk payung. Berasal dari Madagaskar dan sangat mudah tumbuh di iklim yang panas dan cerah. Berbeda dengan papirus kerdil kecil, tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 kaki tingginya. Karena ini adalah tanaman besar, tumbuhkan mereka dalam pot besar yang bisa tenggelam atau setengah terendam di kolam.

Lili Air (Nymphaea)

Tidak ada kolam taman yang lengkap tanpa bunga lili air tetapi mereka bukan tanaman terbaik untuk kolam dengan Koi besar! Daun mengapung di permukaan air dan Koi besar akan mengunyahnya kecuali mereka agak dilindungi. Karenanya, bunga lili hanya cocok untuk kolam dengan Koi kecil. Bunga lili paling baik ditanam di pot yang ditempatkan di bagian dangkal kolam Koi. Lindungi bagian atas pot dengan batu besar untuk mencegah Koi menggali tanah dan mengacaukan air. Air bunga lili saya berbunga setiap hari di bawah sinar matahari yang kuat dan dosis reguler tablet pupuk yang saya tempelkan ke tanah. Masalah lain dengan bunga lili air adalah bahwa bunga dan daun yang lebih tua akan layu setelah beberapa hari. Jika tidak dibuang, mereka akan mencemari air kolam. Meskipun Koi akan memakannya, beberapa puing pasti akan menemukan jalan mereka ke filter kolam.

Tanaman Untuk Kolam Koi
Tanaman Untuk Kolam Koi

Lotus (Nelumbo)

Tanaman untuk kolam koi yang terakhir adalah lotus atau teratai dapat ditanam di pot yang ditempatkan di bagian dangkal kolam Koi. Lindungi bagian atas pot dengan batu besar untuk mencegah Koi besar menggali tanah dan mengacaukan air. Tanaman ini memiliki dua jenis daun. Daun tanaman teratai muda mengambang di permukaan air tetapi daun dari tanaman yang lebih tua tumbuh jauh di atas permukaan air. Tanaman ini menghasilkan bunga merah muda dengan persediaan panjang di atas air. Seperti bunga lili air, lotus membutuhkan makanan rutin dengan pupuk untuk membuatnya berbunga.